1.196 Pelayanan Medis PT Perkebunan Nusantara Untuk Palu

Rabu, 17 Oktober 2018  17:56

1.196 Pelayanan Medis PT Perkebunan Nusantara Untuk Palu
PALU (BM) - PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) X dan PTPN XI tergerak hatinya untuk membantu korban  tsunami Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah. Sudah sejak sekitar seminggu yang lalu, diturunkan tim untuk memberikan bantuan kepada warga setempat.



"Sambutan warga Palu sungguh luar biasa terhadap kedatangan tim kami. Kami berterima kasih karena telah diterima dengan baik," ujar koordinator tim medis Holding Perkebunan Nusantara dr. Achmad Zain Wahyudi  Selasa (16/10) malam di Surabaya setiba dari Palu.



Dalam sambutannya pada acara penyambutan kedatangan Tim Tanggap Bencana Alam yang dihadiri oleh Direktur Utama PTPN X, Direktur Komersil PTPN X, Direktur Komersil PTPN XI dan perwakilan manajemen rumah sakit masing-masing dari ketiga PTPN di Jawa Timur, dokter yang kesehariannya bertugas di Jember tersebut melaporkan kegiatan selama di Palu Sulawesi Tengah.


"Kondisi masih ada gempa susulan, aliran listrik masih padam, ditambah lagi hujan sudah turun. Kami bagi tim menjadi tiga dan bertugas bergantian, satu tim pelayanan medis di posko pusat yakni daerah Donggala Kodi, dua tim menyebar ada yang bantu rumah sakit dan satu tim menjangkau pengungsi yang belum tersentuh bantuan terutama medis. Beberapa ada yang sudah masuk tapi kurang lengkap tenaga dokter atau obatnya" terangnya.



Pihaknya juga menyatakan kesediaannya bila ada penugasan kembali oleh Holding Perkebunan Nusantara. " Kami siap bila tim ini dijadikan semacam tim disaster oleh Holding dan ditugaskan kembali untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Tentunya kedepan kami berharap juga dibekali dengan pelatihan yang lebih memadai " pungkasnya.



Total hingga hari ke tujuh tim medis telah memberikan pelayanan medis kepada sebanyak 1.196 pasien yang merupakan korban bencana alam di Sulawesi Tengah. Pelayanan kesehatan dilakukan di lima titik yaitu Posko Pusat Donggala Kodi, posko pengungsian Masjid Raya Darussalam Palu, RS Undata Kota Palu, posko pengungsi pengungsian desa Tuva kec. Dolo selatan kab. Sigi, pengungsian Masjid Al Khairat Pewunu Dolo Barat Kab. Sigi, dan Posko Adhi Kara Petobo. Dari jumlah tersebut ISPA merupakan kasus yang paling banyak ditangani yakni sebesar 19,2%, disusul Dermatitis (14,2%), Gea (13%), Dyspepsia (12,8%), Urticaria (11,9%), Hipertensi (11,5%), Chepalgia (9,2%), Myalgia (4,2%), Diabetes Melitus (2,3%), dan Vulnus Apertum & lain-lain sebanyak (1,7%). (Era)

 
 
 
 
 
 
 
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>