Akom Diperasi di ICCU RSPAD

Rabu, 10 Januari 2018  18:17

Akom Diperasi di ICCU RSPAD

Ade Komarudin

Jakarta (BM) –  Politikus senior Golkar Ade Komarudin pingsan dan harus menjalani operasi di bagian kepalanya, karena mengalami pendarahan. Mantan Ketua DPR itu kini dirawat di kamar 208 ICCU RSPAD Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat.

Mendengar kabar duka tersebut, sahabat-sahabat Ade berdatangan dan mendoakan mantan Ketua Fraksi Golkar DPR itu. "Saya berdoa semoga sahabat baik saya itu segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT," kata politikus Golkar Bambang Soesatyo kepada wartawan, Rabu (10/1/2018).

Bambang mengaku belum tahu informasi detail soal jatuhnya Ade di kamar mandi. Namun dia berencana membesuk Ketum SOKSI tersebut. "Nanti sore saya akan ke sana," kata Bambang.

Ketum Golkar Airlangga Hartarto menjenguk eks ketua DPR Ade Komarudin (Akom) di RSPAD. Namun Akom masih belum sadarkan diri.

Airlangga tak datang sendiri. Dia didampingi oleh politikus Golkar Melchias Markus Mekeng. Ada juga politikus PKS Andi Rahmat.

"Sekarang masih dalam kondisi recovery ya, memang itu yang terbaik. Beliau masih belum sadarkan diri. Saya mendoakan agar beliau cepat sembuh," kata Mekeng kepada wartawan di RSPAD, Jalan Dokter Abdul Rahman Saleh, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Sekitar 10 menit kemudian, Airlangga dan Mekeng meninggalkan RSPAD.

Sebelumnya, Akom diketahui pingsan di RSPAD saat hendak diperiksa. Pihak rumah sakit lalu mengambil tindakan medis. "Kang Akom tidak jatuh di kamar mandi. Beliau ke RSPAD ditemani Nyonya masih dalam keadaan sadar, bahkan masih sempat gosok gigi sendiri setelah dari kamar mandi," demikian informasi tertulis dari kerabat Ade Komarudin, Acha, yang diteruskan oleh Wasekjen Golkar Hetifah Sjaifudian, Rabu (10/1/2018).

Setiba di RSPAD, kata Acha, Akom pingsan. Lalu pihak rumah sakit memutuskan untuk melakukan operasi. "Setiba di RSPAD, Kang Akom pingsan dan Pihak Medis memutuskan untuk mengambil tindakan (operasi) pukul 12.00 WIB," ujar Acha.

Wasekjen SOKSI Abdul Razak bercerita soal Ade Komarudin (Akom) yang sekarang dirawat di RSPAD Gatot Subroto. Sebelum ke RS, penyakit Akom sempat 'kumat' di kamar mandi.

"Biasanya beliau sebelum mandi kan dia lari-lari, jogging, kebetulan karena buru-buru nggak sempat jogging, dia ke kamar mandi. Pas di kamar mandi itu posisinya rencana mau buang air," ujar Razak di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Namun Akom tak jadi buang air. Dia akhirnya hanya menyender di bathtub. Razak melanjutkan, saat itu istri Akom sempat mencari suaminya.

"Dan Ibu bertanya, mana Bapak? Kan kalau di kamar, kalau nggak ada orang, kamar mandi lampu mati, tapi ini hidup, kayaknya masih dalam. Pas dibuka, ditanya ngapain, Pah? Eh kaget, kan kalau mapah sendiri kan berat, dipanggil ajudan, berdiri, dia belum sempat sikat gigi, dibawa ke tempat tidur, sikat gigi nggak usah ke kamar mandi, kan nggak sanggup," tutur Razak.

"Pas sikat gigi di atas tempat tidur, ayo kita ajak ke RSPAD saja. Pas di jalan itu Bapak ada perasaan mau muntah, mau muntah saja. Tiba di RS, posisi pingsan dan langsung diambil tindakan (operasi)," sebut Razak.

Akom langsung dioperasi saat itu juga. Akom dioperasi di ruang ICCU RS.

"Segera diambil tindakan seperti... lihat sendiri sudah di sana. Sudah dioperasi pas jam 12.10 WIB, kurang lebih 3 jam lah," ujar Razak mengacu posisi Akom di ICCU RSPAD.

Razak mengatakan, sejak divonis mengalami gejala stroke ringan, Akom disarankan beristirahat. Sayangnya, Akom tidak bisa beristirahat total karena aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan.

"Jadi pas sebelum Munas kemarin, dokter menyarankan harus bedrest paling tidak 14 hari. Harus istirahat total, mungkin karena aktivitas lain yang tidak bisa ditinggalkan," kata Razak.

 

Ada Pendarahan

Agung Laksono menyebut eks Ketua DPR Ade Komarudin (Akom) menjalani operasi di bagian batok kepala di RSPAD Gatot Soebroto. Akom juga mengalami pendarahan.

"Operasi di batok kepalanya, ada pendarahan, tidak bergerak, istrinya tenang. Intinya tidak jatuh di kamar mandi, di dalam perjalanan mau muntah, dan di RS pingsan," kata Agung seusai menjenguk Akom di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Agung kaget mendengar kabar sakitnya Akom. Agung menyebut, Akom sebelumnya memang kerap beraktivitas.

"Beliau kan aktivis, nggak mau diam. Dia memperhatikan masalah partai, kedewanan. Wajar lah dia sibuk, apalagi Ketum SOKSI, sebagai pimpinan massa," terang politikus asal Golkar ini. (det/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>