Alasan Keluarga, Bupati Indramayu Mundur

Selasa, 06 November 2018  17:25

Alasan Keluarga, Bupati Indramayu Mundur

Bupati Indramayu Anna Sophana

Indramayu (BM) – Berita yang cukup mengejutkan! Meski masa jabatannya baru akan berakhir 2021, namun Bupati Indramayu Anna Sophana mengajukan pengunduran diri. Pengajuan mundur dari jabatannya ini diketahui tak lama dari suaminya Irianto MS Syaifuddin alias Yance yang bebas bersyarat.

Surat pengundurannya itu dilayangkan pada Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Selasa 30 Oktober lalu. Sementara suaminya yang juga merupakan mantan Bupati Indramayu Yance dinyatakan bebas bersyarat setelah menjalani hukuman di Lapas Klas II B Indramayu pada September.

"Iya benar. Bebas bersyarat sekitar September lalu. Keputusan bebas bersyarat ini sesuai dengan ketentuan yang ada," kata Kalapas Klas II B Indramayu Sulis Setiadi, Selasa (6/11/2018).

Sulis mengatakan Yance telah menjalani hukuman selama tiga tahun lebih di Lapas Klas II B Cirebon. Selama masa penahanan, dikatakan Sulis, Yance menaati aturan yang ada.

"Ya sebelumnya mengikuti masa transisi di Bapas Klas I Cirebon. Untuk lebih jelasnya silakan ke Bapas saja," kata Sulis.

Sekadar diketahui, Yance tersandung kasus korupsi pembebasan lahan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) I di Sumuradem Kabupaten Indramayu tahun anggaran 2004. Yance ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pada 12 September 2010. Pada 2016 Mahkamah Agung menjatuhkan hukuman empat tahun penjara.

Terpisah, Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Indramayu Tedy R Lantri mengatakan alasan Anna mengundurkan diri karena alasan keluarga.

"Alasannya karena fokus mengurus rumah tangga. Selain itu ingin fokus berbakti kepada orang tuanya," ujar Teddy.

Hal itu juga diakui Gubernur Ridwan Kamil. Menurutnya dalam surat yang disampaikan Anna, perempuan berumur 60 tahun itu ingin menghabiskan waktunya dengan keluarga.

"Alasannya lebih banyak alasan keluarga. Jadi bukan urusan kedinasan, jadi ingin lebih mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan luar biasa," ujar Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil di ruang kerjanya, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (6/11/2018).

Seperti diketahui, Anna Sophana menjadi Bupati Indramayu sejak tahun 2010 didampingi wakilnya, Supendi. Ia menggantikan suaminya Yance yang juga menjabat dua periode.

Pada Pilkada serentak 2015, Anna Sophana kembali maju berpasangan dengan Supendi. Pasangan petahana itu kembali terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Indramayu periode 2016-2021. 

Surat pengunduran diri Bupati, akan dikirimkan segera ke kemendagri untuk diproses. Apabila pengunduran dirinya diterima, wakilnya yaitu Supendi otomatis akan menempati posisi Anna.

 

Belum Diputuskan

DPRD Indramayu belum memutuskan menerima tidaknya pengunduran Anna Sophana sebagai Bupati Indramayu. Rencananya hari ini DPRD Indramayu menggelar rapat pembacaan surat pengunduran Anna.

Anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Indramayu Muhamad Solihin mengatakan Bamus DPRD Indramayu telah melayangkan surat undangan untuk rapat pembacaan surat yang dilayangkan Anna. "Kemarin kami (Bamus) rapat. Kami menjadwalkan rapat pembacaan pengunduran diri sore ini. Rapat mendengar pembacaan ini kita lakukan sebelum rapat paripurna besok," ucap Solihin di kantor DPRD Indramayu, Jawa Barat, Selasa (6/11/2018).

Dia menjelaskan DPRD memiliki hak untuk menolak atau menerima surat pengunduran diri Anna tersebut. "Kita bisa memutuskan, apakah diterima atau tidak? Ini kan masih sepihak dari Bu Anna, kita belum memutuskan. Untuk itu kita rapatkan," katanya.

Solihin menyebut pihaknya sudah mengundang Anna untuk hadir dalam rapat pembacaan tersebut. Ia berharap Anna datang.

"Keputusan diterima tidaknya, nanti saat paripurna. Saat ini kan alasan yang tersurat itu karena fokus berbakti untuk keluarga," ucap Solihin.

Dia menambahkan pengunduran diri Anna harus melalui persetujuan Kemendagri. "Setelah DPRD, surat rekomendasi ini kita layangkan juga ke Kemendagri. Nanti Kemendagri bisa memutuskan diterima atau tidak," kata Solihin yang juga menjabat Ketua DPC PKB Indramayu. (det/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>