Jokowi-Ratu Maxima Bahas Penyederhanaan Sistem Keuangan

Selasa, 13 Februari 2018  18:22

Jokowi-Ratu Maxima Bahas Penyederhanaan Sistem Keuangan

Jokowi dan Ratu Maxima di Istana Merdeka, Selasa (13/2).

JAKARTA (BM) –  Presiden Joko Widodo menerima kunjungan utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Secretary General's Special Advocate/UNSGA) untuk Inklusi Keuangan Ratu Maxima di Istana Merdeka, Selasa, 13 Januari 2018. Ini merupakan kunjungan kedua Maxima ke Istana Merdeka setelah 2016 lalu.

Ratu Maxima tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/2/2018) pukul 09.15 WIB. Kedatangan Ratu Maxima langsung disambut oleh Jokowi.

Jokowi lalu mengajak Ratu Maxima berbincang di beranda Istana atau yang biasa disebut Veranda Talk.

Kepala Negara mengaku berdiskusi dengan Maxima mengenai inklusi keuangan, yakni masyarakat Indonesia menjadi nasabah atau pengguna jasa lembaga keuangan.

Jokowi mengatakan, untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia, perlu adanya penyederhanaan sistem.

"Memang yang paling penting itu ada satu penyederhanaan sistem. Simplifying system penting sekali. Kuncinya harus terus diperbaiki," ujar Jokowi seusai pertemuan.

Selain itu, kata Jokowi, diperlukan juga penyederhanaan izin yang selama ini membuat masyarakat kesulitan mengakses layanan jasa keuangan.

"Kalau dua hal belum bisa selesaikan, ya majunya akan tidak sepesat yang kita inginkan. Tadi diskusi panjang, dua hal tadi segera cepat kita selesaikan," kata Jokowi.

Sejumlah menteri kabinet turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan ini. Antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Mensesneg Pratikno.

Ratu Maxima juga didampingi sejumlah jajaran Utusan Khusus PBB untuk Inklusi Keuangan.

 

Sosok Ratu Maxima

Selain sebagai utusan khusus PBB, Maxima saat ini adalah Ratu Belanda. Ia menikah dengan Pangeran Willem-Alexander pada 2 Februari 2002. Ia menjadi ratu setelah suaminya naik tahta pada 2013.

Mengutip dari situs Dutchnews, Maxima lahir di Buenos Aires, Argentina pada 17 Mei 1971. Nama aslinya adalah Máxima Zorreguieta Cerruti.

Maxima merupakan anak pertama dari mantan Menteri Pertanian Argentina di era Presiden Jorge Rafael Videla, Jorge Zorreguieta. Ibunya bernama Maria Carmen Cerruti.

Maxima mengenyam pendidikan di sekolah Northlands dan melanjutkan studinya di Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Argentina. Di usianya yang ke-25, Maxima pindah ke New York, Amerika Serikat dan bekerja di sejumlah bank.

Pada 1999 Maxima berkunjung ke festival Feria de Abril di Sevilla, Spanyol. Di sanalah ia bertemu dengan pujaan hatinya, Pangeran Willem-Alexander. Dari pernikahan dengan Pangeran Willem-Alexander, keduanya dikaruniai tiga anak yaitu Amalia, Alexia, dan Ariane.

Pesta pernikahan antara Maxima dan Pangeran Willem-Alexander tidak dihadiri oleh sang ayah. Pasalnya pihak Belanda mempermasalahkan Jorge Zorreguieta yang diduga mengetahui kekejaman yang terjadi di Argentina di bawah kepemimpinan Presiden Jorge Videla.

Berdasarkan situs resmi UNSGA, Máxima telah menjadi utusan khusus PBB untuk keuangan inklusif sejak 2009. Sebagai utusan khusus ia mengampanyekan peningkatan akses terhadap layanan keuangan yang terjangkau, efektif, dan aman.

Ratu Maxima menekankan penyertaan keuangan bisa mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, termasuk pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, keamanan pangan, kesetaraan gender, dan pertumbuhan yang setara. (tem/kom/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>