Soal Esemka, Ma'ruf Amin Jadi Sorotan

Rabu, 07 November 2018  17:05

Soal Esemka, Ma'ruf Amin Jadi Sorotan

Ma'ruf Amin

JAKARTA (BM) - Polemik mobil Esemka kembali riuh diperbincangkan. Terlebih statemen Calon Wakil Presiden, Ma'ruf Amin yang menyatakan rencana produksi Esemka diluncurkan pada Oktober 2018 lalu diundur.

Ketua DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaen mengaku empati dengan Ma'ruf karena terkesan diperalat oleh janji kampanye Joko Widodo di Pilpres 2014.

"Saya sebetulnya agak gimana gitu ya melihat dan membaca komentar cawapres nomor urut 01 ini," ujar Ferdinand, Rabu (7/11).

"Kasihan sebetulnya ketika Pak Ma'ruf yang latar belakang kiai diperalat untuk kepentingan politik tertentu," imbuh dia.

Ditambahkan, selain ketokohan kiai Ma'ruf, pernyataanya terkesan tidak akurat bahkan tidak valid.

"Kesannya pernyataan beliau jadi asal diucapkan dan kurang memiliki akurasi dan tidak memiliki validitas yang baik," pungkas Ferdinand.

Sorotan terkait mobil Esemka juga disampaikan Jurubicara Prabowo-Sandi, Andre Rosiade. "Sekarang hitung, jika masih bulan Oktober itu tanggal 38 Oktober," ujar Jurubicara Prabowo-Sandi, Andre kepada redaksi, di Jakarta, Rabu, (7/11).

Menurut Andre, ada dua kemungkinan dari wacana mobil esemka belakangan santer kembali merupakan janji presiden Jokowi di Pilpres 2014.

"Yang pertama mungkin Kiai Ma'ruf mendapatkan Informasi yang kurang akurat," kata Andre.

Ditambahkan Andre, janji mobil Esemka ditakutkan akan meleset lagi jikalau nantinya paslon nomor urut 01 melakukan kampanye lagi.

"Dengan janji yang meleset ini, menunjukkan takutnya nanti setelah jadi Wapres akan meleset juga janji-janji kampanyenya," demikian Andre.

 

Ma'ruf Membantah

Sebelumnya, Ma'ruf Amin telah membantah menyebarkan hoaks soal peluncuran mobil Esemka pada Oktober 2018 lalu. Dia mengaku hanya mendengar dari pihak lain terkait peluncuran Esemka, tanpa menyebut sumbernya.

"Masak saya (bikin hoaks). Esemka itu orang, saya hanya mendengar ada orang yang akan meluncurkan mobil tersebut," kata Ma'ruf Amin di kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Ketua Umum Nonaktif Majelis Ulama Indonesia itupun mengatakan, produksi mobil Esemka tak ada hubungannya dengan pemerintah Joko Widodo. Pabrik Esemka dikerjakan oleh perusahaan swasta, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK).

"Enggak ada urusannya pemerintah itu mah," ucap Ma'ruf Amin.

Dia hanya mendengar, PT SMK ingin memproduksi mobil Esemka. Namun, dia sendiri tak ikut campur dalam proses tersebut.

"Ada orang mau memproduksi. Saya tanya ya mau jadi mau enggak urusan orang itu. Saya ngebohongin siapa?" ujar Ma'ruf Amin.

Esemka, mobil buatan dalam negeri itu kembali ramai diperbincangkan karena dikabarkan akan diproduksi massal. Ma'ruf sempat menyebut Oktober bakal ada peluncuran mobil yang pernah didukun Jokowi ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis 27 September 2018. (rmo/lip/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>