Polres Lakukan Pemberkasan Ulang Kasus Gedung KPU

Selasa, 30 Mei 2017  19:43

Polres Lakukan Pemberkasan Ulang Kasus Gedung KPU

Kasus Pembangunan Gedung KPUD Nganjuk, menuai masalah yang hingga kini belum selesai.

Nganjuk(BM)-Setelah lama vakum, akhirnys Polres Nganjuk mengirim ulang berkas perkara kasus dugaan korupsi proyek pembangunan gedung KPUD Nganjuk 2013, ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk. Kasus dugaan korupsi  yang melibatkan mantan Sekretaris KPUD Nganjuk, Suhariyono dan tiga orang pihak swasta dari PT Trisenta Sarana Konstruksi (TSK) Mojokerto telah diperbaiki oleh pihak kepolisian.
 
Kasatreskrim Polres Nganjuk AKP Gatot Setyobudi mengatakan bahwa penyebab dikembalikanya berkas korupsi Suhariyono, dikarenakan perbedaan pendapat dari dua tim audit BPK sehingga penyidik Tipikor dan kejaksaan berbeda pendapat. "Kali ini kami yakin berkas sudah tidak ada masalah dan akan segera disidangkan," terangnya.
 
Sementara, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Nganjuk, Wahyu Heri P, SH mengaku menerima berkas perkara atas kasus dugaan korupsi oleh Mantan Sekretaris KPUD Suhariyono. Secepatnya akan dilakukan pemeriksaan berkas perkara yang dilimpahkan tetsebut selama 14 hari. “Jika berkas sudah dinyatakan siap akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri untuk dipersidangkan ,”ujar Wahyu.
 
Diinformasikan, kasus dugaan korupsi  proyek pembangunan gedung KPUD Nganjuk senilai Rp 2,48 miliar dari APBD 2013 lalu tersebut, diduga pada beberapa item pekerjaan fisik gedung yang dihilangkan dan tidak sesuai dokumen kontrak, diantaranya pembangunan mushola dan gudang , lis atau bingkai plafon, paving halaman, rancangan tujuh unit taman di halaman gedung, hingga atap galvalum. Selain itu, kuat dugaan terjadi pelanggaran wewenang pejabat KPUD Nganjuk saat itu yang mengambil alih proyek yang seharusnya dikerjakan oleh rekanan.
 
Polisi dibantu BPKP dan tim forensik konstruksi Universitas Brawijaya Malang kemudian menyimpulkan bahwa ada kerugian negara sekitar Rp 500 juta lebih dari praktik korupsi anggaran proyek pembangunan gedung KPUD tersebut.(kam/dra)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>