Soal UNKP Dikawal Polisi Hingga Selesai
Soal UN saat berada di kantor Diknas Nganjuk dengan pengawalan dan penjagaan dari kepolisian
By: Wahyu
3 Mei 2017 19:43
 
 
 
Nganjuk(BM)-Proses pendistribusian lembar soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMP sederajat, kemarin dikawal anggota Polri. Ini, dilakukan sebagai antisipasi kebocoran soal dan permain curang dari sejumlah oknum.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Drs Ibnu Hajar MM mengatakan, Polri akan mengawal soal mulai percetakan hingga ke setiap sekolah yang menyelenggarakan UN. Selain dikawal secara ketat oleh Polri, kendaraan yang mengangkut soal UN tersebut juga menggunakan truk box milik PT. Pos bersegel.
 
Sehingga yang bisa membuka soal dari kendaraan pengangkut hanya pihak yang berwenang. “Polisi terus mengawal soal bahkan hingga pelaksanakan UN hingga selesai, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang menganggu keberlangsungan UN dan tindakan curang yang dilakukan oleh oknum,”kata Ibnu Hajar, Rabu (3/5) di ruang kerjanya.
 
Ibnu Hajar menuturkan, alur distribusi dimulai dari percetakan kemudian di kirim ke Dinas Pendidikan kemudian, dikirim ke salah satu sekolah yang ditunjuk oleh ketua Musyawarah Keluarga Kepala Sekolah (MKKS) kabupaten. Setelah itu, diambil oleh masing-masing sekolah. 
 
“Pendistrusian hingga sampai ke sekolah masing-masing, saya jamin aman karena disitu tidak luput dari pengawalan kepolisian,” ujarnya.
 
Ibnu Hajar optimistis, pendistribusian soal tersebut akan berjalan dengan lancar sehingga tidak menghambat berlangsungnya UN,. “Insya Allah soal, akan datang tepat waktu tidak akan kendala, pihaknya juga sudah menjalin komunikasi dengan MKKS,”ungkapnya. Terkait kesiapan sarana dan prasaran untuk UNBK, Ibnu Hajar menjelaskan, dari pantauan terakhir semua sekolah yang melakanakan UNBK sudah siap. 
 
“Di setiap sekolah yang menyelenggarakan UNBK. kami juga menyiapkan teknisi. Hal itu, untuk antisipasi jika terjadi gangguan terhadap sarana utama UNBK. Adanya provider internet, kita sudah melakukan kerjasama, begitu juga dengan PLN kami sudah membuat antisipasi jika listrik padam,”terangnya (kam/dra)

Create Account



Log In Your Account