Spirit dan Nilai Kepahlawanan Zaman Now

Sabtu, 10 November 2018  15:57

Spirit dan Nilai Kepahlawanan Zaman Now

Adi Wibowo

Oleh : Adi  Wibowo, S.TP,.  M.Si
Direktur  Eksekutif  MANIFEST  INSTITUTE
(Social  Development,  Politic & Economic  Studies)
 
"Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghormati Jasa Para Pahlawannya”

(Pidato dari Ir. Soekarno, pada saat memperingati Hari Pahlawan, tanggal 10 November 1961)
 
Setiap  tanggal  10 November memori kolektif bangsa kita  diingatkan oleh peristiwa heroik para pahlawan kita dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Bagaimaa Bung Tomo di Surabaya saat itu bertempur mempertahankan kemerdekaan yang belum lama diproklamasikan oleh Bung Karno dan Bung Hatta yang akan direbut oleh pasukan sekutu.

Pertempuran yang terjadi dimana-mana saat itu menjadi penanda Bangsa Indonesia yang telah resmi menjadi sebuah negara bangsa dalam mempertahankan kemerdekaannya.

Pertempuran itu menjadi pelambang sejarah revolusi nasional Indonesia, pertaruhan spirit nasionalisme melawan kolonialisme.

Saat ini tepat di tanggal 10 November memori kolektif kita akan kembali pada bagaimana sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang begitu panjang yang ditebus dengan nyawa para pejuang demi untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
 
Kepahlawanan  Bangsa  Kita
 
Bagaimana  dengan  kita hari  ini menanamkan nilai-nilai spirit perjuangan para pahlawan? seiring dengan perubahan zaman, pergeseran terjadi dimana-mana merasuki setiap jenjang kehidupan bangsa ini. Bagaimana globalisasi dengan anak kandungnya modernisasi manjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. 
 
Bung Karno pernah manyatakan  “janganlah kita melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala daripada masa yang akan datang”.

Tentunya hal itu menggambarkan tentang bagaimana pentingnya belajar dari masa lampau yang dapat menjadi media instropeksi dan motivasi.

Hari ini sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, sudah semestinya semua mempelajari, memahami, dan mempraktikan nilai-nilai kepahlawanan yang pernah dilakukan para pahlawan bangsa.

Sehingga rasa kagum dan bangga terhadap para pahlawan tidak hanya berhenti di kekaguman namun menjadi pelecut rasa nasionalisme dan semangat kebangsaan  untuk membawa kita ke jalan menuju kemajuan bangsa yang lebih baik.
Kata pahlawan tentu mempunyai makna yang sangat “dalam”  yang dalam kamus besar bahasa Indonesia pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, seorang pejuang yang gagah berani, rela berkorban demi sebuah cita-cita bersama dan bagi bangsanya.

Apabila mengacu pada definisi tersebut tentu siapa saja dapat  menjadi pahlawan, tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Pahlawan dapat muncul kapan saja dan dimana saja dalam sejarah peradaban kehidupan manusia. 

Saat inipun istilah tentang pahlawan banyak yang kita kenal ada pahlawan tanpa tanda jasa, pahlawan devisa sampai pahlawan kesiangan. 

Namun definisi pahlawan sebagaimana yang kita ketahui dan akui sebagimana UU adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan, atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan serta kemajuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebelum era kemerdekaan para pahlawan berjuang mengorbankan jiwa dan raganya demi tegaknya negara Indonesia, demikian juga pasca kemerdekaan, banyak bermunculan pahlawan-pahlawan yang tidak lagi mengangkat senjata dalam menegakkan bangsa Indonesia namun dengan ide-ide dan gagasannya.

Mereka tentunya berjuang untuk kemajuan bangsa ini sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

 
Sudah selayaknya saat ini kita tidak tidak boleh melupakan sejarah dan menghargai jasa semua pahlawan di negeri ini, tanpa memandang apapun profesi dan jasanya.

Para pejuang yang telah memerdekakan bangsa ini dari penjajah dan para pejuang telah mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia dengan pengorbanannya disegala bidang. Dengan merdeka seharusnya dapat secara leluasa membangun negeri ini menjadi negeri yang mandiri, bermartabat, dan berdaulat. 
 
 
Spirit  Kepahlawanan  Zaman  Now
 
Apabila kata pahlawan selama ini selalu identik dengan perjuangan, maka seorang pahlawanan hari ini adalah mereka yang memiliki semangat untuk selalu berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Harapan akan munculnya pahlawan-pahlawan baru yang mampu mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadinya, merupakan suatu keniscayaan. Seorang pahlawan tidak lagi harus mengangkat senjata dan berperang melawan musuh apalagi mengangkat senjata untuk berkelahi dan tawuran dengan saudara sendiri hanya karena perbedaan pendapat dan SARA.

Spirit dan nilai kepahlawanan hari ini adalah mereka yang mampu memperjuangkan nilai-nilai kebaikan secara terus menerus dan tidak pernah berhenti dalam keadaan apapun yaitu mereka yang memiliki sikap kepedulian yang tinggi terhadap kondisi, permasalahan, dan nasib masyarakat serta bangsanya. 

Pahlawan masa kini hendaknya tidak bersikap masa bodoh terhadap permasalahan yang ada, siap turun tangan, ambil peran, siap didepan menjadi garda terdepan, siap menjadi lokomotif perubahan dan menjadikan setiap  permasalahan tersebut sebagai bagian dari dirinya dan ikut bertanggung jawab untuk bersama-sama membawa ke arah yang lebih baik. 

Spirit dan nilai pahlawan yang perlu dilakukan generasi zaman now adalah mengisi kemerdekaan dengan tindakan- tindakan kontributif dengan aksi positif, kreatif inovatif, anti hoax, anti narkoba, anti radikalime dan aksi lain untuk kemajuan dan kedaulatan bangsa serta keutuhan NKRI.

Kemajuan teknologi dan komunikasi saat ini tidak bisa dijadikan alasan untuk justru bercerai berai, justru menjadi alat untuk memudahkan konsolidasi kebangsaan kita. Tinggalkan bercaerai berai dengan saudara sebangsa setahah air, saatnya kita mengambil spirit & nilai kepahlawanan pendahulu kita, saatnya anak muda memandu perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. (*)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>