Transaksi Ritel Melalui ATM Capai Rp15 Triliun

Sabtu, 03 September 2016  01:07

Transaksi Ritel Melalui ATM Capai Rp15 Triliun

Banyak transaksi melalui kartu, menjadikan BI segera membuat regulasi terkait adanya transaksi ritel

JAKARTA (BM) - Menyikapi adanya transaksi ritel melalui kliring yang telah mencapai seratus ribu kali per hari, sedang transaksi melalui kartu debit bahkan bisa mencapai jutaaan transaksi per hari. BI mencatat jumlah kartu debit sebanyak 139 juta, maka  dalam melindungai konsumen, kartu tersebut harus memiliki chip pengaman yang batas penggunaannya sampai 2018.
 
Banyak transaksi melalui kartu, menjadikan Bank Indonesia (BI) segera membuat regulasi terkait adanya transaksi ritel yang selama ini mengalami peningkatan signifikan. Meski nilainya relatif kecil, tapi secara total mencapai Rp14-15 triliun.

“Transaksi ritel melalui kartu ATM debit sampai saat ini dengan nilai transaksi ritel yang melalui sitem BI. Transaksi kliring BI telah mencapai angka Rp13 triliun, sedang transaksi ritel mencapai Rp14-15 triliun,” tegas Deputi Gubernur BI, Ronald Waas, di kantornya, Jakarta, Jumat (2/9).
 
Pihak BI menyerahkan kepada industri agar nasabah mengganti kartunya. “Ini sesuai dengan roadmap kita sampai 2021 nanti,” ujarnya. Lebih jauh dijelaskan, pada kondisi transaksi ritel yang makin tinggi secara tidak langsung berdampak ke perkembangan fintech.
 
“Secara transaksi pada fintech sebetulnya nilai transaski itu kecil sekali. Tapi besarnya bantuan teknologi sehingga menjadi sangat besar nilainya. Apalagi generasi muda saat ini inginnya serba cepat.,” papar Ronald. Padahal dengan kehadiran teknologi, mestinya jangan sampai menjadi ancaman. Apalagi seiring dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), transaksi keuangan kedepan harus serba elektronik. 
 
Makanya, dalam rangka pengaturan transaksi elektronik itu BI akan menerbitkan peraturan yang lebih rinci mengatur semuanya. 
 
“Ke depannya, kami akan atur baik itu kartu debit, kartu kresit, e-money, mengakomodasi e-commerce, atau e-wallet. Bagaimana kita akan atur lebih rinci lagi,”tegasnya.(nis/dra)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>