Dinas Sosial Beri Pembinaan 21 Anak Jalanan

Selasa, 09 Januari 2018  22:39

Dinas Sosial Beri Pembinaan 21 Anak Jalanan
PASURUAN (BM) - Sebanyak 21 anak jalanan (anjal) hasil Razia SatpoL PP Kabupaten Pasuruan mendapatkan pembinaan di kantor Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan. Mereka terjaring razia yang digelar Satpol PP pada Sabtu (6/1) malam lalu.
 
Puluhan anjal tersebut rata-rata masih berusia antara 14-21 tahun yang kedapatan tengah berkeliaran di Alun-alun Bangil dan sekitar Simpang Empat Pandaan.

Wahyu Widodo, Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Tuna Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari 21 anjal, 5 di antaranya terjaring di Bangil dan 16 sisanya di Pandaan. Di antara mereka yang terjaring, ada 1 anjal laki-laki yang merupakan warga Martapura, Kalimantan Selatan. Anak tersebut rencananya akan dipulangkan dalam 2-3 hari ke depan.

“Setelah kita dalami, ternyata kebanyakan semua anjal ini ingin bebas, tidak sekolah dan tidak terikat aturan apapun. Makanya mereka keliling ke mana-mana dan tidak pulang,” kata Wahyu di sela-sela mengawasi para anjal, Selasa (9/1).

Ditambahkannya, dari 21 anjal yang terjaring, 8 di antaranya saat ini dikirim ke UPT Rehabilitasi Sosial Bina Remaja Blitar untuk mengikuti pelatihan otomotif, menjahit, bordir dan pertukangan kayu. Pelatihan tersebut berjalan beberapa hari, untuk selanjutnya dikembalikan kepada keluarganya.

“Sisanya ada sekitar 13 anjal kita tempatkan di Rumah Singgah Bina Hati. Mereka kita berikan permainan agar kepribadian mereka berubah. Juga kita datangkan psikolog dengan harapan bisa menunjukkan jati diri mereka sebenarnya,” imbuhnya.

Tak hanya psikolog dan permainan, Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan juga mendatangkan ustadz dan ustadzah untuk mengajarkan sholat dan belajar mendalami agama yang sesungguhnya.

Menurut Wahyu, pihaknya berharap jumlah anjal yang berkeliaran di jalan semakin berkurang, sehingga masyarakat tidak merasa terganggu dengan keberadaan mereka. “Kita datangkan ustadz untuk bisa memandu mereka, istilahnya mengembalikan mereka ke jalan yang benar,” singkatnya. (pas/udi)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>