Kampung Dewi Endang Sukarni Perkampungan Unik di Pasuruan

Kamis, 18 Januari 2018  22:17

Kampung Dewi Endang Sukarni Perkampungan Unik di Pasuruan
PASURUAN (BM) - Tak  kalau dengan Kota Malang yang punya Kampung Warna-Warni. Kabupaten Pasuruan pun punya perkampungan wisata mirip dengan yang dimiliki Kota Malang di Gang 1 Jodipan, Blimbing, Kesatrian, Blimbing.

Namanya Kampung Dewi Endang Sukarni atau kalau dipanjangkan berarti Kampung Desa Wisata Enak Dipandang, Subur, dan Suka Warna-Warni. Lokasinya di Dusun Bandilan, Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati. Keberadaan Kampung Dewi Endang Sukarni dlaunching oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf, Kamis (18/1).

Dari pantauan di lapangan, kampung tersebut sangat unik, lantaran seluruh rumah dilukis dengan gambar yang beragam, plus jalan lingkungan yang juga berwarna-warni dan aneka tanaman hias yang menancap di setiap sudut rumah maupun fasilitas umum yang ada di kampung tersebut.

"Wah, bagus sekali dan indah. Saya kagum dengan kampung ini, karena swadaya dan warganya kompak semuanya," ucap Lulis sembari melihat satu persatu rumah yang kini sudah berubah wajah itu sesudahnya melaunching Kampung Dewi Endang Sukarni.

Istri dari Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf itu pun mengajak para wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Kampung Endang Dewi Endang Sukarni. "Sekalian makan ikan lempuk khas Danau Ranu Grati, dan menikmati segala pesona yang ada di Ranu Klindungan yang sudah Pak Bupati tetapkan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Pasuruan. Ayo saya undang semua masyarakat dari manapun berada, untuk datang ke Dusun Bandilan," imbuhnya.

Sementara itu, pencanangan Kampung Dewi Endang Sukarni sebagai Kampung Wisata tak lepas dari seluruh dukungan dan kekompakan seluruh warga Dusun Bandilan, mulai dari RW 01, RW 02 dan RW 03 untuk mempercantik kampungnya.

Nizar, Kepala Desa Ranu Klindungan mengatakan, nama Dewi Endang Sukarni merupakan kesepakatan dari seluruh warga untuk memberikan nama yang pas bagi kampung kebanggaan mereka. Terlebih, keberadaan Kampung ini menjadi daya tarik wisata yang ada di Kecamatan Grati sehingga diharapkan nama tersebut menjadi hoki bagi perkembangan kepariwisataan di sana.

"Kita pengennya sebuah nama yang mencerminkan kampung kita. Nama Endang Dewi Sukarni itu khan nama Jawa, jadi pas dengan ikon kampung. Semoga saja Kampung ini akan terus menarik tidak hanya sekarang saja, tapi sampai bertahun-tahun mendatang, bahkan semoga selamanya," kata Nizar, di sela-sela acara. (adv/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>