MPV Tabrak Truk di Tol SuMo, Lima Tewas

Selasa, 06 November 2018  17:14

MPV Tabrak Truk di Tol SuMo, Lima Tewas

Di Hari yang Sama, Minibus Terguling, 13 Terluka

Gresik (BM) - Sebuah Kijang Innova menabrak bagian belakang truk di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) Km 720.800, Selasa (6/11/2018) pagi. Kecelakaan itu menewaskan lima penumpang Innova.

"Lima orang meninggal, identitas menyusul," ujar Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto, Selasa (6/11/2018).

Wikha mengatakan kecelakaan di tol yang berlokasi di Desa Sumberame, Wringinanom, Gresik itu berawal saat Innova bernopol L 1594 IH melintas dari arah barat. Innova itu ditumpangi enam orang dengan sopir Pongky Dewanto (61), warga Songgolangit, Kota Malang.

Saat melaju kencang, mobil berwarna hitam itu tiba-tiba saja menabrak bagian belakang sebelah kanan truk nopol N 8270 UK yang dikemudikan Muhammad Thohir (49).

Tabrakan keras itu membuat bagian atas Innova, terutama bagian kiri, hancur. Kecelakaan itu membuat lima penumpang Innova tewas dan satu penumpang luka berat.

"Empat penumpang meninggal ada di RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto, 1 penumpang meninggal dan 1 luka berat ada di RS Petrokimia Driyorejo," tandas Wikha.

Polisi memastikan satu orang meninggal adalah sopir Innova, yaitu Pongki Dewanto (61), warga Jalan Songgolangit, Kota Malang.

"Untuk sopir meninggal di lokasi, sementara untuk identitas yang lainnya menyusul," kata Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Bambang S Wibowo terpisah.

Seluruh korban telah dievakuasi ke dua rumah sakit yang berbeda.

"Saat ini korban kritis dirawat di RS Petrokimia Driyorejo dan untuk korban meninggal berada di RS dr Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto," lanjut Bambang.

Dimas menambahkan, kondisi lalu lintas di tol saat kecelakaan terjadi cenderung lancar.

"Masih cenderung landai lancar. Waktu kejadian normal, cuman ada beberapa kendaraan yang ingin melihat tapi overall lancar," ungkapnya.

 

Sopir Ngantuk

Dugaan sementara, kecelakaan terjadi karena sopir mengantuk. "Dugaan kami sementara mengantuk," kata Kanit Lantas Polres Gresik, Ipda Yossi Eka Prasetya, Selasa (6/11/2018).

Di lokasi kejadian juga terlihat bekas ban dari mobil Innova akibat pengereman mendadak. "Di lokasi juga ada terlihat bekas ban pengereman," ungkap Yossi.

Yosi menambahkan, baik Innova maupun truk yang diseruduk sama-sama melaju dari arah yang sama.

"Keduanya melaju dari arah Mojokerto ke Surabaya," imbuhnya.

"Empat penumpang meninggal ada di RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto, 1 penumpang meninggal dan 1 luka berat ada di RS Petrokimia Driyorejo," tandasnya.

Sopir truk dilaporkan dalam keadaan tidak mengalami cedera berarti dan sedang dimintai keterangan di Polres Gresik bersama truknya.

Sedangkan Innova yang mengalami rusak berat, terutama di bagian kiri kendaraan, telah dievakuasi ke Gerbang Tol Mojokerto yang berada di Desa Penompo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.      

 

Minibus Terguling

Kecelakaan kembali terjadi di Tol Suroboyo-Mojokerto (SuMo), setelah MPV menabrak truk dengan korban 5 orang tewas, kali ini kecelakaan tunggal dialami mobil Isuzu Elf yang terguling di km 726.400.

"Benar kejadiannya sekitar pukul 09.30 WIB," ungkap petugas Sentra Informasi Tol Sumo, Dimas Nanda, Selasa (6/11/2018).

Dimas mengatakan mobil bernopol AG 7186 V yang mengangkut rombongan wisata dari Kediri itu melaju dari arah barat atau Mojokerto.

Diduga karena ban kanan belakang meletus, mobil ini pun terguling di Km 726.400 yang berlokasi di Desa Tanjung Wates, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Untuk korban nihil. Mobil tersebut ditumpangi oleh 13 orang," ungkap Dimas.

Ke-13 penumpang tersebut mengalami luka, seluruh korban kemudian langsung dievakuasi ke RS Petrokimia Driyorejo.

"Ada beberapa yang mengalami luka-luka. Tapi mereka sadar semuanya. Saat ini semuanya sudah dibawa ke RS Petrokimia," kata Dimas.

Dimas menambahka saat ini pihaknya masih mendata identitas korban kecelakaan tunggal tersebut.

"Mohon bersabar. Rekan kami masih melakukan pendataan," tutupnya.              

Mobil Isuzu Elf yang terguling di Tol Surabaya-Mojokerto (SuMo) Km 726.400 diduga disebabkan oleh pecah ban, terutama ban kanan belakang.

"Mobil tersebut dari arah Jombang menuju ke Surabaya. Mereka berangkat dari Kediri. Kemudian ban meletus di bagian belakang sebelah kanan," kata Kasat PJR Polda Jatim AKBP Bambang S Wibowo, Selasa (6/11/2018).

Akibat kecelakaan tunggal tersebut, mobil bernopol AG 7186 V ini terguling ke kanan dan mengakibatkan kaca depan pecah.,.

Namun 13 penumpang yang diangkut oleh minibus ini disebutkan selamat. Saat ini seluruh penumpang telah dilarikan ke RS Petrokimia Driyorejo.

"13 penumpang yang mengalami luka akibat pecah kaca mobil. Saat ini mereka dirawat di RS Petrokimia," lanjutnya.

Kecelakaan yang terjadi di wilayah Desa Tanjung Wates, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik itu juga tidak mengakibatkan kemacetan yang berarti.

"Untuk arus lalu lintas 3 jalur lancar. Dua dipakai evakuasi dan satu digunakan lajur mobil. Mobil nanti akan dievakuasi ke Penompo (gerbang Tol SuMo, red)," ungkap Bambang. (det/tri/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>