Satu Ruangan di IGD RS Bhayangkara Terbakar

Rabu, 07 November 2018  17:14

Satu Ruangan di IGD RS Bhayangkara Terbakar

Asap mengepul dari kebakaran salah satu ruang di IGD RS Bhayangkara Surabaya, Rabu (7/11) siang.

Surabaya (BM) - Kebakaran terjadi di gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Bhayangkara Polda Jatim, Surabaya, Rabu (7/11/2018) siang. Insiden ini diketahui sekitar pukul 13.30 WIB. Asap terlihat mengepul dari sebuah ruangan penyimpanan cat di lantai 3 gedung yang masih dalam tahap pembangunan itu.

"Yang terbakar tadi di lantai 3, ukuran (ruangan) 5x8 meter. di lantai itu ada banyak sekat-sekat ruangan dari triplek, tadi banyak cat-cat juga," ungkap Kabid Operasional Dinas PMK Kota Surabaya, Bambang Vistadi, Rabu (7/11/2018).

Menurut penuturan saksi mata, kebakaran pertama kali diketahui dari asap yang membumbung tinggi dari ruangan tersebut. "Waktu itu saya mbenerin kabel di selasar lantai bawah. Tadi ada teriakan ada asap, asap, dari perawat," ungkap saksi Maulana Indra Jaya (22), salah satu tukang servis jaringan telepon.

Maulana juga mengaku asap hitam yang keluar dari ruangan itu membumbung hingga terlihat dari jarak 2 meter.

Setelah mengetahui adanya kebakaran, Maulana bersama petugas sekuriti RS Bhayangkara berupaya melakukan pemadaman.

"Saya bersama petugas rumah sakit mengambil APAR (alat pemadam api ringan) langsung naik ke atas, ke lantai 3. Setelah itu PMK sekitar 10 menit datang," paparnya.

Ditambahkan Maulana, saat melakukan pemadaman, ia dan petugas sekuriti terpaksa memecah kaca di lantai 3. "Kacanya kami pecahkan untuk ventilasi, sebab saat itu asap begitu tebal," imbuhnya.

Namun penyebab pasti kebakaran ini belum diketahui.  "(Penyebab) Nanti kita serahkan ke labfor," tandas Bambang.

Pantauan di lokasi, 8 unit PMK dikerahkan untuk memadamkan api di gedung ini.

Seusai pemadaman, sejumlah staf rumah sakit membersihkan pecahan-pecahan kaca yang bertebaran di sekitar lokasi dan sisa air pembasahan.            

 

Masih Diselidiki

Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran. "Penyelidikan masih berlangsung untuk mencari tahu penyebabnya apa," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Rabu (7/11/2018).

Barung menambahkan, proses pemadaman pun berlangsung cukup cepat. "Tadi cuman 10 menit sudah padam," ujarnya.

Namun pihaknya memastikan saat ini tim labfor Polda Jatim sedang melakukan olah TKP di lokasi kejadian.

Selain itu, layanan rumah sakit ditutup untuk sementara waktu. Para staf terlihat membersihkan serpihan kaca dan genangan air sisa pembasahan.

Ditambahkan Kabid Operasional Dinas PMK Kota Surabaya, Bambang Vistadi, lokasi kebakaran berada di lantai 3 yang masih dalam tahap pembangunan.

"Itu kayaknya tempat penampungan cat. Karena di lantai 3 ini masih dalam proses finishing," paparnya secara terpisah.

Namun Bambang memastikan kebakaran hanya terjadi di ruangan tersebut, meski api sempat mengenai tempat penampungan air di lantai 4.

"Hanya satu ruangan saja, selebihnya los. Tadi hanya triplek yang terbakar. Untuk yang di lantai 4 hanya tempat penampungan air saja," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, sebab kondisi ruangan juga sedang kosong. (mer /det/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>