Batik Restaurant, Hadirkan Indonesian Food di Tiongkok

Kamis, 16 Agustus 2018  18:30

Batik Restaurant, Hadirkan Indonesian Food di Tiongkok

TIANJIN, CHINA (BM) – Memang bukan hal mudah ketika kita ingin menikmati Indonesian food di negara orang lain. Tidak semua negara menyajikan masakan Indonesia. Tapi, di Tiongkok Anda tidak perlu khawatir! Ada restauran yang akan memuaskan kerinduan Anda pada masakan Indonesia. 

Ada hal unik ketika kami makan malam di sebuah restaurant. Karena restaurant tersebut bernama BATIK yang kalau di Indonesia, batik adalah baju kebanggaan masyarakat Jawa Timur.


“Saya memberi nama restaurant saya dengan nama BATIK karena memang saya suka batik Indonesia, saya sendiri juga koleksi batik termasuk batik dari Madura. Jadi saya menggunakan nama itu untuk mewakili Indonesia, ” ungkap Owner Batik Restaurant, Jasper Ho, Rabu (16/8).

 


Tidak terhitung, berapa kali Jasper Ho mengunjungi Jawa  Timur khususnya Surabaya. Bahkan mungkin Jawa Timur ibarat 'rumah kedua' bagi Jasper Ho.  Jasper Ho juga mencintai Indonesia. 


Batik Restaurant didirikan sekitar 2 tahun yang lalu. Tepatnya tahun 2015. Dan kami memiliki koki dan bartender dari Indonesia. Sehingga kita bisa menghadirkan Indonesia food untuk masyarakat, Bisnis ini berkembang bagus. Khususnya di weekend dan hari libur. Dan kami juga memiliki banyak promo dan spesial promo,” terangnya.


Lanjut pria yang juga sebagai Senior  Advisor East Java Provincial Goverment, masakan Indonesia digemari banyak orang. “Karena banyak orang yang suka dengan Asian food termasuk indonesia food. Kami memiliki koki yang bagus dan bisa memodifikasi makanan sehingga mudah disukai oleh banyak orang.


Sebanyak 90% pengunjungnya adalah masyarakat dari Tianjin, China. Dan 10% adalah orang Indonesia dan orang luar Tianjin. Tapi mereka  mengaku suka dengan makanan di restaurant Batik. Ditambah lagi, dekorasi di Batik Restaurant yang menunjang. Ketika pertama kali memasuki Batik Restaurant di Tianjin China, maka warga Indonesia seolah berada di negaranya sendiri.


“Dekorasi di restaurant Batik, kami impor langsung dari Indonesia,” kata Jasper Ho, yang juga Executive Director East Java Exchange Center in Tianjin China.


Ya memang di Batik Restaurant banyak ditemui dekorasi seperti patung dan ornamen lainnya khas Bali. Bahkan ada juga sepeda dan sangkar burung yang seolah membuat pengunjung berada di Indonesia.


“Saat ini kebanyakan orang di China suka pergi ke Indonesia terutama di Bali karena memang sangat terkenal.  Sebelum kita pergi, kita tau soal Indonesia, bagian dari budaya dan kebiasaan, apa yang disukai masyarakat di sana,  dan saya pun tahu Bali di Indonesia. Terkadang kita mempunyai kenangan yang indah dan ketika kamu kembali ke Indonesia, pasti juga memiliki memori tentang Tianjin. Dan jika kamu tau soal Batik Restaurant yang menyediakan masakan Indonesia, pasti juga ingin kembali ke Tianjin,” terang Jasper Ho.  (Era)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>