Disbudparpora Sumenep Bakal Susun DED Pantai Sembilan

Senin, 21 November 2016  19:36

Disbudparpora Sumenep Bakal Susun DED Pantai Sembilan

Sejumlah wisatawan duduk di gazebo di Pantai Sembilan Sumenep.

SUMENEP (BM) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, berencana menyusun 'detail engineering design' (DED) bagi Pantai Sembilan di Pulau Giligenting sebagai objek destinasi wisata.
 
"Kami bersama staf sudah melakukan pengecekan lapangan ke Pantai Sembilan sekaligus survei awal sebagai bagian dari rencana penyusunan "DED"," ujar Kepala Disbudparpora Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Senin (21/11).
 
Pantai Sembilan yang berada di Desa Bringsang, Pulau Giligenting, Kecamatan Giligenting, itu memiliki cekungan pasir putih alami menyerupai atau membentuk angka sembilan (9) jika difoto dari atas (udara).
 
Pantai Sembilan merupakan objek wisata baru di Sumenep yang terkenal ke publik pada akhir 2015-awal 2016 setelah foto hamparan pasir putih menyerupai angka sembilan hasil jepretan pegiat atau pelaku pariwisata diunggah di media sosial.
 
"Pantai Sembilan memang layak dikembangkan sebagai lokasi wisata. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi perangkat desa dan warga setempat yang secara swadaya telah menyiapkan fasilitas penunjang bagi wisatawan," kata Sofi, sapaan Sufiyanto.

Ia menjelaskan, penyusunan DED atau gambar kerja rinci merupakan sebuah keniscayaan yang nantinya akan menjadi salah satu pedoman kerja dalam rangka pengembangan Pantai Sembilan sebagai lokasi wisata.
 
"Kami akan berusaha menjadikan penyusunan 'DED' Pantai Sembilan sebagai salah satu kegiatan atau program pada 2017. Makin cepat makin bagus, karena sejak beberapa waktu lalu Pantai Sembilan telah menjadi objek destinasi wisata baru yang ramai dikunjungi para pelancong," ujarnya.
 
Sofi juga mengemukakan, sesuai hasil pengecekan lapangan yang dilakukan bersama stafnya, perangkat desa dan warga setempat memiliki semangat dan kepedulian tinggi untuk menjadikan Pantai Sembilan sebagai lokasi wisata.
 
Sejak beberapa waktu lalu, perangkat Desa Bringsang secara swadaya membangun gazebo beratap daun ilalang dan payung beserta tempat duduk untuk dimanfaatkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai sembilan. (ant/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>