Diving, Hindari Menyentuh Karang di Laut

Senin, 06 Agustus 2018  18:54

Diving, Hindari Menyentuh Karang di Laut

Wisatawan asal Italia Roland Schitzer, dengan ramah melayani foto bersama turis domestik. Foto: Era

SURABAYA (BM) – Suka diving dan snorkeling? Ya tidak lengkap rasanya jika Anda belum coba berkunjung ke pulau Menjangan. Pulau ini berada di wilayah Bali barat dan untuk menuju ke sana, Anda dapat menempuh jalur dari pantai Watudodol yang berada di kota/kabupaten Banyuwangi. Dari Watudodol, bisa naik perahu dengan perjalanan sekitar 1 jam.



“Saya sudah 2 kali berkunjung ke pulau Menjangan. Karena memang tempatnya indah dan eksotik,” ungkap Patrick, warga Negara asing (WNA) asal Belgia yang saat itu melakukan liburan ke pulau Menjangan bersama keluarganya.


Tidak sendirian, Patrick terlihat hadir bersama istri, anak bahkan cucunya yang masih berusia 1,1 tahun. Dengan ramah, Patrick pun mengizinkan cucunya untuk diajak foto oleh pengunjung domestik yang memang  gemas melihat dua bayi cowok kembar, bermata biru.  


Sementara itu, WNA lain asal Italia Roland Schitzer juga mengaku bahwa ini bukan pertama kalinya dia berkunjung ke pulau Menjangan. “Saya sudah bolak-balik ke Indonesia. Sudah sering. Dan kali ini, saya datang bawa 3 teman saya yang lain. Teman-teman saya ingin tau pulau Menjangan, jadi saya bawa ke sini. Kami mau diving,” ungkap pria humoris  tersebut yang fasih berbahasa Indonesia, Minggu (5/8).


 Lanjut Roland, dia sangat mengagumi pesona wisata di Indonesia. Dan tidak hanya di Bali, Roland juga sering melakukan perjalanan wisata ke kota Surabaya, Jakarta dan Tretes. “Di Tretes enak. Dingin. Untuk pulau Menjangan, saya sangat senang karena masih alami dan untuk snorkeling juga bagus sekali. Saya juga sudah banyak mengunjungi Indonesia seperti Borobudur, pulau Komodo, Lombok dan masih banyak lagi," ceritanya. 



Ketika melakukan diving dan snorkeling ke Pulau Menjangan, Anda bisa menikmati keindahan biota bawah laut, karang, ikan dan sebagainya. Tidak hanya itu, saat menikmati makan siang di pulau Menjangan, Anda bisa menemui rusa / menjangan yang berada di area tersebut. Namun sebagai pengunjung yang baik, harus lah bisa menjaga kelestarian lingkungan. 


“Kalau menyelam, kaki jangan menginjak karang karena ada racun yang berbahaya bagi tubuh. Kemudian, tangan menyentuh karang karena kalau karang rusak, itu tumbuhnya lama sekali,” pesan Wiwik, guide diving di Pulau Menjangan kepada rombongan tur domestiknya.


Pria asli Banyuwangi ini mengatakan bahwa dirinya sering memandu turis mancaranegara dari berbagai Negara. “Ada yang dari Jerman, Amerika Serikat, Australia. Paling banyak dari Negara-negara yang ada di Eropa. Tapi yang paling sering datang adalah dari Australia,” ceritanya. (Era)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>