Industri Pariwisata Mulai Jadi Andalan

Selasa, 19 Februari 2017  19:42

Industri Pariwisata Mulai Jadi Andalan

Disaat sektor penghasil devisa dalam negeri terpuruk, sektor periwisata justru menunjukkkan peningkatan

Jakarta(BM)-Pelaku bisnis yang tergabung pada Asosiasi Perusahaan Pameran  Indonesia (Asperapi) memberikan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Sebab Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam menggenjot wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Indonesia dilakukan dengan berbagai strategi. 
 
"MICE itu market-nya besar atau size-nya besar, spread atau spending-nya besar dan sustainabilitasnya juga besar. Jadi kalau digenjot seperti sekarang, ini sangat bagus untuk menopang perekonomian," terang Ketua Umum Asperapi Effi Setiabudi di Jakarta, Minggu, (19/2). 
 
Menurt Effi sekarang merupakan momentum sektor MICE untuk mengukir sejarah di pariwisata. Gambarannya sudah terlihat jelas, di hampir seluruh primadona devisa negara terjun bebas. Minyak dan gas bumi, batu  bara, serta minyak kelapa sawit meredup. Sementara industri  pariwisata nasional justru melompat tinggi dan membawa efek domino yang  menggerakkan beragam bidang ekonomi.
 
"Kian hari Pariwisata semakin serius menggenjot MICE. Kami sangat menghargai dan banyak pihak mulai melirik destinasi MICE di  Indonesia. Memiliki alam yang indah, dan paket yang menarik dengan  kombinasi aktivitas MICE dan tourism," ujar Effi.
 
Dalam menjalankan industri pameran selama 27 tahun, MICE memang terbukti ampuh menggerakkan roda ekonomi. MICE jadi makin terlihat seksi lantaran jumlah pesertanya banyak, partisipannya adalah decision marker, length of Stay-nya panjang, media coverage-nya luas dan spendingnya sangat tinggi.
 
"Dari Meeting, Incentives, Conferences, Exhibitions, membawa berkah yang tidak sedikit. Hotel, restoran, venue, rental mobil, handycraft, destinasi wisata, yang kami sebut ring satu, semua kebagian rezeki.  Kalau pameran lebih ngeri lagi. Selain ring satunya dapat, ring duanya  juga kebagian,"jelas Effi.(jak/dra)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>