Ingin Wisata ke B-29? Waspadai Harga Ojek di Sana!

Selasa, 10 Juli 2018  18:58

Ingin Wisata ke B-29? Waspadai Harga Ojek di Sana!

Dewi, salah satu wisatawan asal Surabaya yang mengagumi keindahan B-29 di Lumajang

SURABAYA (BM) - Traveling adalah hal yang menyenangkan. Terutama ketika kita bisa mengunjungi tempat wisata yang unik. Nah, Anda pun pasti sudah sering mendengar nama "Negeri di Atas Awan B-29". 


Tempat wisata yang berada di desa Argosari, kecamatan Senduro, kabupaten Lumajang ini, akhir-akhir semakin marak dan membuat penasaran banyak orang. Bagaimana tidak? Karena kita bisa foto berdekatan dengan awan. Seru bukan? 


Dari Surabaya menuju Lumajang bisa ditempuh menggunakan jalur darat sekitar 5 jam, jika tidak macet. Dan setiba Anda di gapura pintu masuk bertuliskan "Selamat Datang di Kawasan Wisata B-29 Negeri di Atas Awan", Anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Ingin mencapai puncak bukit dengan cara trekking atau naik ojek. 


Jika ingin trekking, jalur yang ditempuh sekitar 12 km. Sedangkan kalau ingin naik ojek, perjalanan sekitar 45 menit dengan medan yang cukup bikin jantung berdebar. Nah, bagi Anda yang merasa tidak sanggup dan ingin naik ojek, ada baiknya lakukan transaksi dan nego di awal tentang harga ojek pengantar Anda. 


Risma, seorang wisatawan asal Bali mengalami hal yang tidak menyenangkan karena mendapatkan harga ojek yang sangat mahal dibandingkan wisatawan lain. Untuk tiba di puncak P-30, Risma dikenai harga Rp 175 ribu (pulang pergi).


"Gimana lagi mbak. Saya bukan orang Jawa jadi tidak tau harganya dan tidak bisa menawar," ungkapnya kepada Berita Metro, Minggu (8/7). 


Menurut Bagian Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang Rohmat Nur Khudori, pengunjung harus melakukan nego atau transaksi lebih dulu di awal. Karena banyak ojek yang nakal.


"Untuk harga ojek seperti yang telah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang adalah Rp 75ribu (pulang pergi tujuan B-29) dan Rp 100ribu (pulang pergi tujuan P-30)," ungkap pria yang akrab disapa Khudori ini. 


Wati, asal Surabaya juga mengalami hal yang kurang menyenangkan. Di awal transaksi, tukang ojek memberikan harga Rp 25ribu sekali jalan, tujuan B-29. Ketika di tengah perjalanan, tukang ojek memberikan pilihan harga Rp 125ribu (pulang pergi tujuan P-30). Karena merasa terpaksa dan khawatir tidak ada ojek lagi yang membawanya ke P-30, maka ia pun setuju dengan harga tersebut. 
Tapi parahnya lagi, ketika tiba di tempat parkir area, tukang ojek tersebut malah minta dibayar Rp 175ribu. 


Tempat wisata Negeri di Atas Awan B-29 berada di dalam satu lokasi dengan P-30 dan Bukit Cinta. P-30 berarti puncak yang berada di ketinggian 3.000 mdpl. Sedangkan B-29 berarti Bukit di ketinggian 2.900 mdpl. Jarak dari B-29 menuju P-30 adalah sekitar 3,5 km. Sedangkan Bukit Cinta berada tidak jauh dari B-29 dengan ciri khas bukit yang berbentuk "love". 


"Jarak antara B-29 menuju P-30 adalah sekitar 3,5 km. Tapi yang paling bagus adalah P-30. Rugi jika pengunjung tidak ke sana juga," ungkap Sumo, tukang Ojek yang mengantarkan Berita Metro.


Rute menuju P-30 memang lebih mendebarkan. Bahkan di depan pintu masuk, sempat diberi peringatan agar tidak menggunakan motor. Banyak wisatawan kecelakaan karena mereka tidak bisa menguasai jalan yang menanjak, berlikuk dan sempit. Apalagi jika pengunjung menggunakan motor matic. Kondisi jalan tersebut dapat menyebabkan rem  blong dan terjadi kecelakaan. 


Karena itu, disarankan pada para pengunjung agar tetap menggunakan jasa ojek yang disediakan oleh tempat wisata B-29 Lumajang. Walaupun Anda merasa sebagai pengendara motor yang sudah cukup lihai dan handal. Penduduk asli sana sudah lihai dan terbiasa dengan rute jalan yang sangat ekstrim tersebut. Tapi jangan lupa ya, untuk menawarkan harga ojek di awal (sebelum pemberangkatan). Tentunya, minta harga sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang. (Era)

 


 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>