Dua Warga Tiris, Kena OTT Bawaslu Bagi-bagi Sembako

Senin, 15 April 2019  22:04

Dua Warga Tiris, Kena OTT Bawaslu Bagi-bagi Sembako

Sejumlah sembako yang dibagikan ke warga berhasil diamankan. (BM/Istimewa)

PROBOLINGGO (BM)- Dua hari menuju pencoblosan, Bawaslu Kabupaten Probolinggo berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap warga yang merupakan tim Caleg DPRD Kabupaten Probolinggo, Senin (15/4).
 
Tim Caleg tersebut, membagikan sembako dan terdapat kartu saku milik Caleg dari Partai Gerindra Daerah Pemilihan Maron, Tiris dan Krucil.
 
Selanjutnya, temuan dari OTT itu di bawa ke Balai Desa setempat untuk diproses lebihe lanjut.
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib mengatakan, kalau saat itu Bawaslu tingkat desa atau Panwas Desa sedang melakukan Patroli Anti Politik uang di hari kedua masa tenang.
 
Namun, ketika sampai didusun Pekalongan RT 17 RW 03 Desa Pedagangan Kecamatan Tiris, terdapat sejumlah warga sedang berbondong-bondong dan membawa bingkisan yang terdapat kartu saku milik Caleg DPRD Kabupaten Probolinggo
 
Sehingga, Panwas Desa melakukan pemantauan dari jarak jauh. Selang beberapa menit kemudian, dari dalam rumah terdapat tim caleg membagikan sembako. Dengan arahan untuk mencoblos Caleg dari partai Gerindra di 17 April ini.
 
Setelah itu, Panwas Desa melakukan penggerebekan dirumah warga berinisial SW. Didalam rumah, SW tidak sendirian. Melainkan di bantu oleh rekannya yaitu RB.
 
Semua sembako hasil dari temuan itu, diamankan di Balai Desa setempat untuk dijadikan barang bukti.
 
"Masih kita amankan dan secepatnya akan di bawa ke kantor Bawaslu Kabupaten Probolinggo,"jelas Qorib.

Qorib menjelaskan, kalau pihaknya segera memproses temuan-temuan dari anggotanya. "Kita proseslah. Inikan sudah jelas di masa tenang dan kita lakukan investigasi lebih dalam,"ujarnya.
 
Sebab, jauh hari sebelumnya masih menurut Qorib. Bawaslu sudah memberikan himbauan pada sejumlah Pimpinan Partai Politik untuk tolak politik uang dan lainnya. 
 
"Kami (Bawaslu) sudah memberikan pemberitahuan pada Pimpinan Partai Politik untuk tidak melakukan aksi apapun di masa tenang ini,"pungkasnya. (sip)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>