Mengenal Tupoksi Sekretaris Dewan DPRD Kota Surabaya

Sabtu, 12 Januari 2019  11:57

Mengenal Tupoksi Sekretaris Dewan DPRD Kota Surabaya

Sekwan DPRD Kota Surabaya, H Hadi Siswanto Anwar SH MSi di ruang kerjanya. (BM/HARUN)

SURABAYA (BM) - Bekerja dan mengabdi di lingkungan politik seperti kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi agar semua amanah yang diemban tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.


Lantas sejauh apa Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Sekretaris Dewan (Sekwan) sebagai salah satu jabatan strategis di lingkup kantor DPRD Kota Surabaya?


Menurut Sekwan H Hadi Siswanto Anwar SH MSi mengatakan bahwa pihaknya selalu kedapatan posisi sekretaris dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan DPRD. Namun, fungsinya hanya sebatas administrasi, bukan terkait perihal strategis soal kepentingan DPRD. Sebab dirinya mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) dalam fungsi layanan tersebut.


“Pada intinya Sekwan mempunyai tugas pelayanan terkait fungsi DPRD yang pertama, pembentukan peraturan daerah, penyusunan anggaran, dan fungsi pengawasan. Dari tiga fungsi ini awalnya, menjadi berbagai kegiatan,” terang pria bersahaja ini di ruang kerjanya, Kamis (10/1/2019) siang.


Bapak tiga anak ini mengaku harus perfeksionis dalam menjalankan tugas, sebab dirinya harus bersikap netral dan tidak ingin membuat tidak nyaman semua pihak, yang justru dapat membuat tidak aman dirinya dan DPRD. “Kami harus betul-betul melakukan pelayanan yang tidak melanggar aturan yang berlaku,” ungkapnya.


Untuk itu, dirinya selalu melakukan komunikasi dengan pihak terkait jika menemui persoalan. “Kami akan undang yang lain, apakah itu inspektorat, untuk menemukan substansi yang kami hadapi, kemudian diluar itu, kami ada asosiasi sekretaris DPRD se Indonesia, forum yang sangat bermanfaat,” tuturnya.


Kemudian, berkaitan dalam hubungan masyarakat, Pak Hadi -Sapaan Karib- mengatakan bahwa, biasanya yang berhubungan dengan layanan masyarakat terkait masalah penyampaian aspirasi kepada DPRD.


“Pelayanan (masyarakat) terkait dengan reses (kegiatan diluar sidang), tetap kami fasilitas terkait dengan itu. Namun, ada kalanya, sebagian masyarakat ingin bertemu dengan DPRD, tetapi berhalangan, sedang dinas luar, dalam hal ini, kami bisa menerima, tetapi selalu kami sampaikan kalau kami tidak mewakili DPRD dalam artian mengenai pokok persoalannya, hanya sebatas menerima surat-surat,” tutupnya. (har)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>