Solidaritas Ulama Muda Deklarasi Dukung Jokowi

Selasa, 10 Juli 2018  18:55

Solidaritas Ulama Muda Deklarasi Dukung Jokowi

Bogor (BM) - Para santri yang tergabung dalam Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) mendukung Presiden Joko Widodo memimpin Tanah Air untuk periode 2019-2024. Samawi mendeklarasikan dukungannya di hadapan Jokowi di Bogor.

Pendeklarasian dukungan Samawi dilakukan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7/2018). Jokowi hadir didampingi Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.

Deklarasi dukungan Samawi tersebut dibacakan Sekjen Samawi Aminuddin Ma'ruf yang kemudian diikuti oleh semua anggota Samawi yang hadir.

"Dengan penuh rasa syukur dan mengharap rahmat Allah SWT kami Samawi menyatakan siap sedia menjadi motor penggerak Islam rahmatan lil alamin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kami Samawi menyatakan siap sedia menjadi garda terdepan dalam menjaga Pancasila dan negara kesatuan Republik Indonesia," kata seluruh anggota Samawi.

"Kami, Samawi menyatakan siap sedia memenangkan Ir H Joko Widodo sebagai Presiden RI periode 2019-2024," demikian petikan deklarasi Samawi.

Samawi memang memiliki pandangan tersendiri terhadap kepemimpinan Jokowi. Menurut mereka, Jokowi merupakan presiden yang dapat menterjemahkan amanah para pejuang kemerdekaan Indonesia.

"Kami menyaksikan di seluruh negeri, negeri yang bapak majukan. Bapak mengerti bagaimana menjalankan amanat para pendahulu bangsa. Bapak membangun dari Aceh sampai Pupua," kata Koordinator Nasional Samawi Abdul Hadi Nur.

Abdul menuturkan Samawi sudah menyiapkan anggotanya untuk membantu pemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019. Samawi akan berjuang menyakinkan rakyat Indonesia untuk kembali memilih Jokowi.

"Kami sejauh kini sudah menyiapkan ulama muda dan tokoh ulama untuk mendampingi Bapak (Jokowi-red). Samawi siap mendampingi Bapak, terus membangun Indonesia. Biar kami yang menyakinkan rakyat untuk memilih Bapak lagi," terang Abdul.

Jokowi tiba di lokasi acara yakni di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, pukul 19.00 WIB, Selasa (10/7/2018).

Setelah tiba, Jokowi yang tampak mengenakan kemeja batik lengan panjang tersebut melakukan pertemuan tertutup dengan 70 ulama sepuh atau kiai sepuh di salah satu ruang di SICC.

Belum diketahui apa saja yang dibahas dalam pertemuan itu. Sementara, kegiatan ini sendiri berjudul 'Halalbihalal dan Silaturahim Nasional Ulama Indonesia'.

Setelah bertemu dengan kiai sepuh, Jokowi lalu memasuki ruang utama SICC pada pukul 19.46 WIB. Di sana sudah berkumpul ribuan relawan dan ulama muda dari Samawi. Kehadiran Jokowi disambut tepuk tangan dan sorakan meriah.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mars Samawi. Acara kemudian diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, yakni surat Ali Imran ayat 113-114.

 

Kejutan Jokowi

Sebelumnya Ali Mochtar Ngabalin menyatakan, Jokowi bakal memberikan kejutan kepada publik terkait sosok cawapres yang bakal mendampinginya di acara pertemuan di Sentul tersebut. Sementara Nasdem menyebut, nama cawapres Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 bakal bikin gempar. Namun, hingga berita ini diturunkan Jokowi belum menyampaikan kejutan dimaksud.

Jokowi sebelumnya sudah menyatakan, ia mengantongi nama cawapres dan tinggal diumumkan, tapi dia tidak membuka sosoknya.

Senada dengan Jokowi, parpol-parpol koalisinya pun enggan secara gamblang membeberkan sosok yang ada di kantong Jokowi. Satu petunjuk dari Partai NasDem adalah cawapres Jokowi akan bikin gempar Indonesia.

"Clue-nya pasti (cawapres) itu pendamping hebat buat Pak Joko Widodo, pasti diterima dengan senang hati oleh semua partai koalisi, pasti membuat gempar Indonesia karena itu tokoh yang cocok untuk Indonesia 2019-2024," kata Sekjen NasDem Johnny G. Plate di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

Siapa cawapres yang dikantongi Jokowi, Johnny tak menyebutnya. Dia hanya menegaskan cawapres yang dipilih bisa diterima semua kalangan.

"Ini adalah tokoh yang profesional dari partai politik ataupun non-partai politik. Tokoh yang hebat," tegas dia.

Kode lain soal kejutan cawapres Jokowi datang dari Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. Dia mengatakan Jokowi akan memberi kejutan soal pilpres malam ini saat menghadiri kegiatan 'Silaturahim dengan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi)' di Sentul International Convention Center (SICC).

"Nah, saya pikir teman-teman juga mendapat undangan nanti malam pukul 19.00 WIB di acara Samawi di Sentul. Saya kira teman-teman akan melihat bagaimana pilihan kata beliau saat berpidato, gestur-gestur beliau seperti apa. Dan saya kira teman-teman punya latar belakang komunikasi baca gestur, pilihan kata," kata Ngabalin di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (10/7).

Ngabalin yakin pengumuman cawapres tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Jokowi juga akan melakukan komunikasi dengan partai pendukungnya dalam waktu dekat.

"Beliau akan mengkomunikasikan dengan baik dengan tata cara sebagai orang Solo, sebagai seorang pemimpin. Beliau mengerti seperti apa mendatangi para pimpinan parpol untuk menetapkan dan mengumumkan, saya yakin dan insyaallah nggak akan lama, dan segera akan mengumumkan kepada khalayak publik tentang siapa yang beliau pilih," terang dia.

Artinya, akan ada kejutan nanti malam?

"Ya, ya. Saya goyang-goyang kepala berkali-kali, tapi ini artinya benar," jawab Ngabalin

Jadi, kejutan apa yang akan diberikan Jokowi? (det/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>