Tahun 2019, 40ribu Rumah Warga Miskin Akan Dialiri Listrik

Kamis, 10 Januari 2019  17:59

Tahun 2019, 40ribu Rumah Warga Miskin Akan Dialiri Listrik

SURABAYA (BM) – Kesejahteraan desa seperti aliran listrik yang lancar, atau air merupakan tanggung jawab bersama termasuk juga antara pemerintahan dan anggota legislatif. Karena itulah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim )enargetkan untuk meningkatkan jumlah daerah yang telah dialiri listrik. Jika di tahun 2018 berjumlah 93,1%, di tahun 2019 diharapkan menjadi 96%.

 Kepada Dinas ESDM Jawa Timur Setiajit mengatakan bahwa daerah yang banyak belum teraliri listrik adalah di kabupaten Sumenep termasuk Sampang, Situbondo, Bondowoso dan Jember.

“Pemprov Jatim menargetkan sebagian besar rumah dapat menikmati listrik. Karena tahun 2019, Pemprov membuat program pembuatan instalasi dan sambungan listrik ke 1.500 KK warga miskin,” terang Setiajit.

Lanjut pria yang ramah terhadap insan pers ini, program ini sudah dibahas dengan Kementrian ESDM. Haislnya, Kementrian berjanji akan membuat instalasi rumah sambungan rumah (IRSR) dan memasang instalasi sambungan rumah kepada 40ribu warga miskin.

“Selain itu, pemerintah juga akan membangun pembangkit listrik tenaga surya bagi warga miskin. Saya berharap perusahaan plat merah dari BUMN dan BUMD dapat membantu menyalurkan Corporate Sosial Responbility (CSR) untuk mendukung hal ini. Penyaluran CSR dapat langsung ditujukan pada masyarakat miskin dan tugas Dinas ESDM hanya memberikan fasilitas,” terang Setiajit.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Jatim Aliyadi Mustofa mengaku bahwa upaya Dinas ESDM Jatim sangat bagus. Karenanya, politisi asal Madura tersebut sangat mendukung langkah Dinas ESDM. “Saya sangat mendukung upaya Dinas ESDM untuk meningkatkan aliran listrik khususnya bagi warga miskin. Selama ini, kami juga sudah berusaha memperjuangkan kemerataan aliran listrik bagi masyarakat Jatim.”

Aliyadi juga berharap agar BUMN yang ada di Jawa Timur ini dapat memberikan CSR untuk membantu pembangunan sambungan listrik di daerah terpencil dan kepulauan sehingga bisa memenuhi target yang dutetapkan. (Era)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>