70 Petinju Amatir, Ramaikan Kejuaraan Tinju se-Jatim

Sabtu, 20 Oktober 2018  09:10

70 Petinju Amatir, Ramaikan Kejuaraan Tinju se-Jatim

Petinju amatir merebut juara Bupati Cup 2018

PROBOLINGGO (BM) - Jelang Porprov Jatim 2019, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Pengkab Pertina Kabupaten Probolinggo menggelar kejuaraan tinju amatir se-Jawa Timur Bupati Cup Probolinggo, Jumat hingga Minggu (19-21/10/2018) di GOR Sasana Krida Kota Kraksaan.
 
Kegiatan ini diikuti oleh 70 orang atlet tinju amatir se-Jawa Timur yang berasal dari berbagai kota. Seperti Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Kota Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Jombang, Pacitan, Ngawi, Tulungagung, Kota Pasuruan, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten Ngawi dan Tuban serta beberapa kelas eksebisi dari Kodam V Brawijaya serta Korps Marinir Surabaya.
 
Kejuaraan yang dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Probolinggo Muh Happy ini dihadiri oleh Ketua Pengprov Pertina Jawa Timur Wiyono, Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, Kepala Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan) Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko, Ketua Pengkap Pertina Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono, sejumlah Kepala OPD dan Camat, perwakilan Pengkab Cabor serta para official dan atlet tinju.
 
Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah pembinaan yang seluas-luasnya bagi generasi muda Kabupaten Probolinggo melalui suatu sistem pembinaan olahraga yang teratur, sistematis dan berjenjang guna mendapatkan atlet muda berbakat yang akan dipersiapkan menjelang Porprov Jawa Timur VI tahun 2019 di Tuban, Bojonegoro, Lamongan dan Gresik.
 
"Selain itu menawarkan alternatif profesi bagi generasi muda dan pelajar Kabupaten Probolinggo untuk beraktivitas dan beraktualitas dibidang olahraga, khususnya cabang olahraga tinju," ungkapnya.
 
Sementara Ketua Pengprov Pertina Jawa Timur Wiyono mengharapkan agar yang bertanding ini adalah atlet yang dipromosikan pada Porprov Jawa Timur 2019 mendatang. Sehinggga bisa melihat dan membidik kekuatan lawan, dengan demikian masih ada waktu setahun untuk memperbaiki untuk mencapai hasil yang maksimal.
 
"Terima kasih kepada KONI dan Pertina karena didalam pertandingan ini juga dilakukan penaatan pelatih se-Jawa Timur. Karena sekarang sudah diwajibkan secara nasional pelatih yang naik ring harus memilki sertifikat. Mudah-mudahan dalam pertandingan ini bisa lancar. Bagi pelatih bisa mengevaluasi dan bisa membidik atlet yang bagus sehingga bisa berprestasi," ujarnya.
 
Sedangkan Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Probolinggo Muh Happy mengatakan kejuaraan tinju amatir se-Jawa Timur Bupati Cup Probolinggo ini merupakan salah satu upaya KONI Kabupaten Probolinggo mensupport Pengkab Pertina Probolinggo dalam menyiapkan atlet tinju amatir menjelang Porprov Jawa Timur tahun 2019.
 
"Upaya-upaya semacam ini tentunya  diharapkan dapat mendorong percepatan prestasi semua cabang olahraga termasuk Pertina Kabupaten Probolinggo. Sebab melalui pertandingan atau kejuaraanlah kita dapat mengukur kualitas dan prestasi atlet binaan di Kabupaten Probolinggo. Laksanakan program dan kegiatan pembinaan yang bisa memberikan manfaat  bagi para atlet dalam meniti karier dan prestasi dimasa mendatang," katanya.
 
Terkait pelaksanaan Porprov Jawa Timur yang akan digelar pada tahun 2019 ini Happy menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik dan harus dapat memanfaatkan waktu yang sangat pendek ini untuk mendorong atlet-atlet muda berbakat menjadi atlet berprestasi yang semakin matang dan mampu memberikan prestasi bagi Kabupaten Probolinggo. "Saya ucapkan selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas sesuai jiwa Pertina, didalam kita lawan diluar kita kawan," pungkasnya.
 
Kejuaraan tinju amatir se-Jawa Timur Bupati Cup Probolinggo ini mempertandingkan 3 (tiga) kelas. Meliputi Kategori Porprov 2019 diantaranya kelas 46 kg, kelas 49 kg, kelas 52 kg, kelas 56 kg, kelas 60 kg, kelas 64 kg dan kelas 69 kg. 

Selanjutnya Kategori Yunior Putra kelas 42 kg dan Kategori Senior Putri kelas 45 kg. Kejuaraan ini diawali dengan dua pertandingan eksebisi yang melibatkan atlet tinju cilik yang ada di Provinsi Jawa Timur. (sip)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>