Bangunkan Warga, Polres Probolinggo Patroli Grebek Sahur

Kamis, 24 Mei 2018  05:32

Bangunkan Warga, Polres Probolinggo Patroli Grebek Sahur

Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad Saat melakukan Patroli Grebek Sahur (BM/Saifullah)

PROBOLINGGO (BM) - Ada kegiatan unik yang dilaksanakan Kepolisian Resort Probolinggo selama Ramadhan yakni grebek sahur untuk membangunkan warga sambil patroli mencegah tindak kriminal.
 
Patroli Grebek Sahur itu sendiri, di pimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad sambil membawa kentongan.

"Sambil membangunkan masyarakat agar tidak kesiangan sahur, kegiatan ini juga sekaligus patroli untuk menekan peluang pelaku kejahatan menjalankan aksinya," kata Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad, Kamis (24/5) dini hari.
 
Grebek sahur dilaksanakan mulai pukul 02.30 WIB hingga pukul 04.30 WIB. Kegiatan dilaksanakan dengan berkeliling ke pelosok-pelosok desa dan salah satunya di Desa Kalisalam Kecamatan Dringu. 
 
Kegiatan ini menarik perhatian masyarakat. Polisi yang biasanya hanya untuk berpatroli, kini membawa Kentongan dengan berjalan kaki bersama warga hingga ke pemukiman, dan sejumlah anggota polisi berpakaian dinas namun sambil memainkan musik menggunakan alat sederhana seperti ember, galon air, besi, botol dan lainnya.
 
Patroli tersebut disambut antusias masyarakat. Tidak sedikit warga yang keluar rumah atau sekadar mengintip melalui kaca rumah mereka karena penasaran.
 
Kegiatan itu menjadi semarak dengan bunyi musik dari alat sederhana dan suara teriakan anggota polisi untuk membangunkan sahur. Namun di sisi lain, mereka juga sambil memantau situasi keamanan kawasan yang mereka lewati tersebut.
 
"Ini terobosan yang dilakukan sebagai bagian menciptakan dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, terlebih saat bulan suci Ramadhan yang dimanfaatkan umat Islam untuk meningkatkan amal ibadah," kata AKBP Fadly.
 
Untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan, masyarakat juga diminta meningkatkan kewaspadaan. Kendaraan bermotor harus dikunci dengan benar dan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan kosong juga harus diperiksa keamanannya dan dikunci agar terhindar dari aksi pencurian dan bencana kebakaran. (sip)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>