Langgar Perda, PKL Liar di Kota Kraksaan Ditertibkan

Rabu, 07 November 2018  16:32

Langgar Perda, PKL Liar di Kota Kraksaan Ditertibkan

Anggota Satpol PP melakukan penertiban PKL Liar. (BM/Saifullah)

PROBOLINGGO (BM) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo menertibkan sejumlah PKL Liar atau pedagang buah yang berada di pinggir jalur Pantura di sepanjang jalan raya Panglima Sudirman Kota Kraksaan, Rabu (7/11).
 
Penertiban tersebut dilakukan, karena pedagang buah tersebut sudah melanggar Perda tentang PKL ketentuan dan mengganggu ketertiban lalulintas.
 
Mereka ditertibkan dan dan kemudian di pindahkan ke pasar buah yang telah di sediakan Bedak oleh Pemkab Probolinggo di pasar buah Semampir Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.
 
Pengendali Operasi Lapangan Satpol PP Kabupaten Probolinggo Heri Darianto mengatakan, pihaknya menertibkan para pedagang buah berdasarkan instruksi langsung dari Bupati Probolinggo.
 
“Hal ini sudah sesuai petunjuk dari Bupati Probolinggo. Seharusnya para pedagang buah tidak berjualan di sepanjang ruas jalan. Karena sudah disiapkan tempat berjualan buahnya,” ujarnya.
 
Ia menambahkan, pembangunan pasar buah Semampir, bertujuan untuk mengakomodir para pedagang yang berjualan di ruas jalan nasional.
 
“Selain bertentangan dengan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Penataan Pedagang Kaki Lima hal itu juga, agar jalan tidak terlihat kumuh,” tambahnya.
 
Dikatakan para pedagang nantinya akan didata oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo. “Nanti yang tidak punya bedak jualan, akan diberi oleh Disperindag,” tuturnya.

Salah satu pedagang, Ummi mengatakan, penertiban tersebut tidak memberatkan para pedagang.
 
“Kalau memang mau dipindahkan ke pasar buah, tidak apa-apa, asalkan nanti, kami juga disiapkan tempat untuk berjualan buah-buah kami,” ucap wanita yang sudah 4 tahun berjualan buah ini. (sip)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>