Pemkab Probolinggo Peringati Hari Pahlawan 2018

Senin, 12 November 2018  11:48

Pemkab Probolinggo Peringati Hari Pahlawan 2018

Bupati Probolinggo memberikan sambutan di Peringatan Hari Pahlawan di Pemkab Probolinggo. (BM/saifullah)

PROBOLINGGO (BM) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memperingati Hari Pahlawan dalam upacara bersama di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo, Senin (12/11) pagi. Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 ini mengambil tema "Semangat Pahlawan di Dadaku".
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan sebagai Komandan Upacara adalah Camat Gending Muhamad Ridwan. Selanjutnya pembaca Pembukaan UUD 1945 adalah Yulistina Widyarningrum dari Bagian Humas, Protokol dan Rumah Tangga, pembaca teks Pesan-pesan Pahlawan adalah Misnari dari LVRI dan paduan suara Pasmatra SMAN 1 Kraksaan. 
 
Sebagai pengibar bendera adalah Wildan Asril Umaya dari SMAN 1 Dringu, Mafi Musykilah Dwi Cahyaningtyas dari SMAN 1 Kraksaan dan Chalen Vito Nanda dari SMAN 1 Kraksaan. Serta iringan Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo.
 
Peringatan Hari Pahlawan yang diikuti oleh seluruh karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo, Satpol PP, Mahasiswa dan pelajar di Kota Kraksaan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono, Wakil Ketua DPRD Wahid Nurahman serta jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.
 
Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan setiap tahun pada tanggal 10 Nopember bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.
 
“Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” katanya.
 
Menurut Bupati Tantri, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis, namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah.
 
“Untuk itu kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” jelasnya.
 
Bupati Tantri menegaskan tema Hari Pahlawan tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. “Oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara,” tegasnya. 
 
Lebih lanjut Bupati Tantri menambahkan peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarnai nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.
 
“Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.
 
Pada kesempatan tersebut diserahkan penghargaan kepada 3 (tiga) Camat berprestasi. Yakni, juara 1 diraih oleh Camat Sumberasih Ugas Irwanto, juara 2 diraih oleh Camat Kraksaan Edy Suryanto dan juara 3 diraih oleh Camat Krejengan Rachmad Hidayanto. Masing-masing juara mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan. Serta diserahkan pula tali asih kepada 6 (enam) anggota LVRI Probolinggo. 
 
Peringatan Hari Pahlawan ini juga dimeriahkan dengan penampilan lagu-lagu dari Paduan Suara Pasmatra SMAN 1 Kraksaan yang beranggotakan 25 orang siswa. Diantaranya Indonesia Pusaka Ciptaan Ismail Marzuki, Tanah Airku Ciptaan Ibu Sud dan Gugur Bunga Ciptaan Ismail Marzuki. (sip)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>