Pemkab Probolinggo Peringati Harjakapro ke-272

Kamis, 19 April 2018  21:34

Pemkab Probolinggo Peringati Harjakapro ke-272
PROBOLINGGO (BM) - Hari Jadi ke-272 Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) diperingati dengan beberapa acara inti. Diawali Selasa (17/4), dengan upacara bendera di Alun-alun Kota Kraksaan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo, SH, M.Hum.
 
Kegiatan ini diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), perwakilan perusahaan, OKP, Karang Taruna, KNPI, Banser, Pramuka, mahasiswa dan pelajar SLTA. Turut serta para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Kraksaan.
 
Tepat di hari jadi, Rabu (18/4) dilaksanakan ziarah ke makam Bupati Probolinggo pertama Kiai Djojolelono dan Bupati Kedua Raden Tumenggung Djojonegoro. Ziarah ini dipimpin langsung Pj. Bupati R. Tjahjo Widodo didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.
 
Kegiatan ziarah ini diawali di makam Bupati Probolinggo pertama Kiai Djojolelono di tempat pemakaman umum Kampung Sentono, Kelurahan Mangunharjo Kota Probolinggo. Kiai Djojolelono sendiri menjabat sebagai Bupati pada tahun 1748-1768.
 
Kegiatan yang sama juga dilakukan di makam Bupati Probolinggo kedua Raden Tumenggung Djojonegoro di kompleks pemakaman umum belakang Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo. Raden Tumenggung Djojonegoro memerintah dalam kurun waktu 1768 hingga 1805.
 
Setelah ziarah, dilanjutkan tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke 272, Rabu (18/4) di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo.
 
Acara tasyakuran yang dimulai pukul 08.00 WIB dihadiri Pj. Bupati R. Tjahjo Widodo dan Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Tri Juningsih serta pejabat OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo.
 
Do’a bersama pada acara tasyakuran ini dipimpin Ketua Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH. Munir Kholili. Kegiatan tasyakuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pj. Bupati R. Tjahjo Widodo yang diserahkan langsung kepada KH. Munir Kholili.
 
Siang harinya, digelar Sidang Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakabpro) ke-272. Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurahman ini dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, jajaran Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, BUMN dan BUMD di Kabupaten Probolinggo.
 
Dari pihak eksekutif, Pj. Bupati R. Tjahjo Widodo didampingi Plt Ketua TP PKK Tri Juningsih, para Asisten, Inspektur, kepala perangkat daerah dan camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.
 
Rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Probolinggo ini terlihat berbeda dari biasanya. Pasalnya para wakil rakyat dan pejabat laki-laki menggunakan pakaian khas Jawa Timur dengan dilengkapi Udeng Okra. Sementara kaum perempuan menggunakan kebaya.
 
Dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Probolinggo ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Musayyib Nahrawi membacakan sejarah singkat Kabupaten Probolinggo.
 
Sementara Pj. Bupati R. Tjahjo Widodo menjelaskan peringatan Harjakapro ke-272 tahun 2018 ini mengambil tema ‘Meningkatkan Daya Saing dan Infrastruktur yang Berkelanjutan.’ Hal ini sesuai dengan RPJMD Kabupaten Probolinggo tahun 2013 sampai dengan 2018, Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2018 serta tema pembangunan daerah tahun 2018 yaitu Memantabkan Pertumbuhan dan Pemerataan Pembangunan Melalui Peningkatan Infrastruktur Berkelanjutan Guna Pengurangan Kemiskinan.
 
“Syukur Alhamdulillah, kebersamaan Panjenengan semua dalam membangun daerah, dari hari ke hari, dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun, saat ini dapat kita saksikan dan rasakan bersama perkembangan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (adv/sip)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>