Pilkades 12 Desa di Kab Probolinggo, Akan Digelar Nopember
Ilustrasi Pilkades
By: masip
23 Mei 2019 16:53
 
 
PROBOLINGGO (BM) - Sebanyak 12 desa di 8 (delapan) kecamatan di Kabupaten Probolinggo akan segera melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Rencananya pelaksanaan Pilkades serentak ini akan dilaksanakan pada bulan Nopember 2019 mendatang. 
 
Saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo tengah melakukan persiapan-persiapan internal, terutama mengkaji kegiatan-kegiatan dan tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan. Termasuk juga menghitung anggaran yang dibutuhkan karena semua biaya pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 dibebankan kepada APBD Kabupaten Probolinggo.
 
Ke-12 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak diantaranya Desa Clarak Kecamatan Leces, Desa Boto Kecamatan Lumbang, Desa Bulu dan Rondokuning Kecamatan Kraksaan, Desa Brumbungan Kidul Kecamatan Maron, Desa Tarokan Kecamatan Banyuanyar, Desa Kedawung Kecamatan Kuripan, Desa Matekan, Krampilan dan Kecik Kecamatan Besuk serta Desa Jabung Sisir dan Petunjungan Kecamatan Paiton.
 
“Pilkades serentak ini dilaksanakan bagi Penjabat (Pj) Kepala Desa yang sudah habis masa periodenya. Pilkades ini tidak termasuk bagi desa yang kepala desanya meninggal dunia,” kata Sekretaris DPMD Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda.
 
Menurut Syamsul, pelaksanaan Pilkades ini diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo Nomor 58 Tahun 2018 Tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Nantinya panitia Pilkades yang terbentuk di 12 desa ini akan disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Probolinggo. “Harapannya nanti panitia Pilkades yang dibentuk di 12 desa ini harus benar-benar netral dan tidak memihak pada calon kades manapun,” jelasnya.
 
Syamsul menerangkan DPMD Kabupaten Probolinggo akan segera melakukan persiapan-persiapan dengan baik dan segera menyusun tahapan Pilkades. Termasuk juga menganalisa kebutuhan anggaran.
 
“Semoga pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 ini mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, mulai dari tahapan-tahapan, pelaksanaan pemungutan suara hingga pelantikan kepala desa terpilih. Tidak ada permasalahan di masyarakat serta dalam situasi dan suasana yang kondusif, aman dan terkendali,” harapnya. (sip) 

Create Account



Log In Your Account