Polres Probolinggo Rangkul BEM Kampus, di Pilpres 2019

Selasa, 25 September 2018  13:14

Polres Probolinggo Rangkul BEM Kampus, di Pilpres 2019

Kapolres AKBP Fadly Samad, ajak mahasiswa ciptakan Damai dan Kondusif. (BM/Saifullah)

PROBOLINGGO (BM) -  Ciptakan pemilu damai 2019, Polres Probolinggo merangkul seluruh kalangan mahasiswa di berbagai kampus se-Kabupaten Probolinggo, pada Selasa (25/9). Tujuannya, agar para kaum melenial ini bisa berdikari dan tidak terprovokasi oleh pihak tertentu.
 
Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad mengatakan, mahasiswa memang memikiki peran penting dalam mewujudkan kedamaian di suatu daerah. Terutama dalam mewujudkan pemilu yang damai, aman dan sukses.
 
Terbukti, kata kapolres, dalam catatan sejarah bangsa Indonesia. Mahasiswa menjadi pelopor perubahan di berbagai sektor. Salah satunya pada peristiwa lengsernya Presiden Soeharto. "Peristiwa itu tak akan terjadi kalau bukan karena peran mahasiswa," ungkapnya.
 
Nah, untuk mewujudkan pemilu damai 2019 nanti, perlu dorongan dan Peran mahasiswa juga. Supaya mahasiswa menjadi ujung tombak masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu. Mahasiswa harus tetap berjalan di rutenya sendiri tanpa harus menunggangi atau ditunggangi oleh salah satu pihak.
 
Namun, jika sebaliknya yang terjadi. Maka demokrasi pemilu 2019 nanti akan beradan pada kecondongan yang tak ideal. "Setiap tahun selalu lahir kaum milenial yang memiliki hak suara. Dibandingkan dengan generasi tua yang itu-itu saja. Pastinya kaum milenial mahasiswa mendominasi hampir lebih separuhnya. Kalau mereka terprovokasi, maka demokrasi tak akan berjalan sesuai kuadratnya," ujarnya.
 
Selain itu, menurut Fadly, mahasiswa juga sepatutnya menjadi kondektur yang bisa menggiring dan mengawal opini masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi. Salah satu caranya dengan memberikan penjelasan dan sosialisasi di lingkungan terdekatnya terkait pemilu yang demokratis.
 
"Dengan begitu pemilu 2019 nanti bisa berjalan aman dan demokratis. Tak ada pertikaian dan perselisihan di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu sinergitas mahasiswa dan polisi harus terjalin baik dalam mengawal pemilu nanti," ungkapnya. (sip)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>