Transparansi Pembangunan Desa Jedongcangkring, Prambon
Kkades Soedikman MPd secara transparansi menunjukan APBDes tahun 2019
By: dicky
24 Mei 2019 17:33
 
 
 
Sidoarjo,(BM) Pemerintah Desa Jedongcangkring Kecamatan Prambon membangun berdasar skala prioritas utamanya membenahi lingkungan serta mewujudkan sarana desa, tentu saja berazas transparasi baik dan benar secara terbuka.
Lebih dari itu juga dipasangnya baner laporan APBDes setiap tahun di depan balai desa,  agar semua masyarakat mengetahui, juga tertera dalam Sistim informasi Desa (SID) secara online yang menyebutkan berapa besaran anggaran sesuai pembelanjaan volume bangunan infrastruktur yang sudah lolos dalam pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan inspektorat Kabupaten Sidoarjo. 
 
“ Kalau ada masyarakat yang menghitung volume bangunan silahkan saja asal benar sesuai petunjuk pengawas monitoring dana desa dari Kecamatan maupun  pendamping dana desa yang di tunjuk kementrian” tandas Kades Jedongcangkring Soedikman Pribadi MPd. 
 
Lebih lanjut Kades Jedongcangkring sangat menyayangkan tindakan media online, yang menghitung volume kegiatan bangunan secara acak tanpa acuan dari lembaga yang berwenang yakni PU Cipta karya dan inspektorat, “ Kalau menghitung  bangunan tanpa dasar kemudian menudiing desa makan uang bangunan di media online itu berati sudah melanggar hukum menyiarkan tindakan fitnah yang menjurus pada perbuatan yang tidak menyenangkan secara umum di transaksi media elektronik” tandas Soedikman dengan nadah tinggi.
 
Soedikman juga menyebutkan dengan  memanfaatkan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) kementrian desa tahun 2019 ini, demi menunjang pola gerak pembangunan di desanya “Alhamdulillah berkat dana desa dari kementrian kita bisa mewujudkan berbagai infrastruktur sarpras di Desa Jedongcangkring ” ujarnya.
 
Selanjutnya juga di jelaskan oleh kades yang ramah ini bahwa penggunaan Dana Desa (DD) 2019 sudah sesuai dengan petunjuk kementrian dalam melaksanakan pembangunan desa.
Ia juga menyebutkan pola penggunaan Dana Desa (DD) di laksanakan secara transparansi, baik dan benar oleh tim pelaksana kegiatan pembangunan desa (TPKD) untuk mewujudkan infrastruktur.

 
Menurut Kades  Soedikman skala prioritas pembangunan di desanya berdasarkan musyawarah bangunan tingkat bawah yakni hak usulan warga melalui RT dan RW kemudian di godok dalam musrenbangdes, “Dana Desa merupakan pendapatan utama yang  dapat digunakan untuk membiayai program dan kegiatan prioritas yang telah disepakati dan ditetapkan di dalam musyawarah perencanaan pembangunan Desa (Musrenbang Desa) tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) setiap tahun.

 
 
Selain itu Desa Jedongcangkring juga meneruskan program pemberdayaan desa yakni kegiatan bintek apartur dan kelembagaan desa mulai tingkat RT dan RW, pembinaan dan pemberdayaan dalam pengelolahan kesehatan serta pengendalian sampah yang melibatkan kader PKK serta masyarakat.menghidupkan kegiatan Posyandu balita dan lansia, serta pembinaan kegiatan karang taruna.
 

Pemdes Jedongcangkring  dalam hal ini menghimbau kepada seluruh warga desa  untuk lebih meningkatkan lingkungan yang bersih dan rapi serta menjaga dan merawat infrastruktur demi meningkatkan kesejahteraan warga. dea

Create Account



Log In Your Account