1.071 Ha Lahan di Situbondo Terkena Proyek Tol Probowangi
: Sosialisasi proyek tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi). (BM/DJOKO SUSILO)
By: redaktur
4 Sept 2019 15:13
 
 
SITUBONDO (BM) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo segera akan mengidentifikasi nama-nama pemilik lahan yang dilewati proyek tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).
 
Pengerjaan proyek Trans Jawa tersebut, akan melewati 1.071 hektare atau 10 juta meter persegi di Kabupaten Situbondo. Lahan seluas 1.071 hektare itu tersebar di 14 kecamatan dan 46 desa.
 
Dwi Mardiana selaku Konsultasi Publik Pengadaan Tanah Ssesi ll Proyek Tol Probowangi, tahapan selanjutnya setelah dilakukan identifikasi pemilik lahan akan diteruskan konsultasi publik bersama camat dan semua kepala desa yang akan dilewati jalan tol.
 
“Nanti pemilik lahan akan mendapatkan informasi langsung dari pelaksana. Bukan dari pihak lain,Untuk menapatkan haknya dari pemerintah atas pengadaan lahan,“ ujar Mardiana, Rabu (4/9).
 
Sedangkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Tol Probowangi  Sesi II, Agus Dwinarno mengatakan, pembebasan lahan dilakukan secara terbuka dan fair. Menurutnya, hal itu sudah sesuai amanah UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.
 
“Soal harga pembebasan lahan bukan kewenangan kami. Tapi yang pasti pemilik lahan akan mendapatkan ganti untung bukan ganti rugi,” jelasnya. (sun/udi)
 

Create Account



Log In Your Account