287 Nelayan Kilensari Terima Kartu Asuransi

Rabu, 07 Agustus 2019  15:51

287 Nelayan Kilensari Terima Kartu Asuransi

Penyerahan kartu asuransi nelayan di kantor balai Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Rabu (7/8). (BM/DJOKO SUSILO)

SITUBONDO (BM) - Dinas Perikanan Situbondo menyerahkan Kartu Asuransi yang merupakan bantuan program Pemerintah Pusat 2019 kepada sejumlah nelayan di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan. Penyerahan kartu asuransi dilakukan di kntor balai desa setempat, Rabu (7/8). 
 
Ikut hadir dalam penyerahan kartu tersebut, Kasi Peningkatan Kapasitas dan Pendampingan Dinas Perikanan Zaini. SP., MMA beserta staff, Kepala Desa Kilensari Erfan dan sebanyak 287 nelayan Desa Kilensari.
 
Kepala Desa Kilensari, Erfan menjelaskan, program pemerintah pusat berupa asuransi nelayan itu sangat berguna bagi para nelayan. Sebab, sebelumnya nelayan sangat kebingungan ketika terjadi musibah seperti kecelakaan kerja. Kartu asuransi sifatnya menjaga jika ada hal tidak diinginkan seperti bencana alam, kecelakaan kerja, meninggal dunia. Kartu tersebut juga bisa difungsikan untuk perawatan atau pengobatan.
 
"Bagi para nelayan yang masih belum terdaftar mendapatkan kartu asuransi dan ingin mengajukan bisa mendaftar. Karena Dinas Perikanan Situbondo akan melakukan pendataan ulang." ujar Erfan.
 
Kasi Peningkatan Kapasitas dan Pendampingan mengatakan bahwa Program Kartu Asuransi Nelayan adalah program pemerintah melalui KKP dan gratis di tahun pertama, karena sudah di subsidi pemerintah. Sedang di tahun kedua ada pembayaran premi asuransi sebesar serarus tujuh puluh lima ribu rupiah selama satu tahun.
 
Bagi nelayan yang mengalami kecelakaan kerja untuk biaya perawatan atau pengobatan harus di rawat rumah sakit pemerintah lalu mendapatkan bantuan dana sebesar dua puluh juta. Bagi nelayan yang meninggal dunia saat bertugas mendapat biaya santunan sebesar dua ratus juta rupiah melalui Jesindo. "Kartu asuransi nelayan di Kabupaten Situbondo sudah tersebar di tujuh belas kecamatan. Dinas Perikanan Situbondo juga sudah memberikan santunan dan bantuan kepada tiga orang nelayan Situbondo," kata Zaini. (sun/udi)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>