300 Personel Ikuti Latma TNI dengan Tentara Amerika
Upacara pembukaan latihan bersama antara TNI dengan Amerika di Situbondo.(BM/DJOKO SUSILO)
By: redaktur
19 Ags 2019 16:49
 
 
SITUBONDO (BM) - Latihan Bersama (Latma) antara TNI dengan Amerika di lapangan Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya, Kedunglo Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, resmi dibuka. Kegiatan itu akan dilangsungkan mulai Senin (19/8) hingga 30 Agustus mendatang. 
 
Upacara pembukaan dipimpin Mayjen TNI Tri Yuniarto (Pangdiv 2/Kostrad) sebagai irup. Acara pembukaan juga dimeriahkan atraksi terjun freefall yang dilakukan 6 penerjun (3 dari US Army dan 3 dari Brigif 18/PR). Selain itu, juga ada atraksi BDM aliran PSHT oleh 52 personel Brigif Raider 9/DY/2 Kostrad.
 
Sementara itu, para perwira juga personel baik dari pihak US Army dan TNI dihadiri Mayjen John P. Johnson (Deputy Commanding General U.S Army Pasific), Danup Letkol Inf Rudiyanto (Kasbrigif 18 PR/ 2 Kostrad) serta Paup Kapten Inf Ugro Seno (Pasi Pers Brigif 9 R/DY 2 Kostrad) diikuti sekitar 300 personel.
 
Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto dan Mayjen John P. Johnson (Deputy Commanding General U.S Army Pasific) tiba di Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya dengan pengawalan PM Divisi 2/Kostrad. “Pada hari ini kita buka Latma Garuda Shield-13/2019 ini dengan harapan dapat mempererat hubungan kedua negara, dengan saling bertukar pengetahuan dan pengalaman,” kata Tri Yuniarto.
 
Pelaksanaan Latma ini, lanjutnya, bukan saja bentuk kerja sama antar dua negara di bidang militer, tapi juga untuk meningkatkan kemampuan keterampilan serta pengetahuan personel kedua negara. Juga diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaaan persahabatan sesama personel kedua negara.
 
Ia berharap, seluruh rangkaian Latma Garuda Shield-13/2019 bisa dilaksanakan dengan penuh semangat dan yang utama adalah menjaga faktor keamanan seluruh personel yang terlibat mulai dari pembukaan hingga penutupan. (sun/udi)
 

Create Account



Log In Your Account