Ganyang Vietnam, Garuda Muda ke Final AFF U-22

Senin, 24 Februari 2019  20:36

Ganyang Vietnam, Garuda Muda ke Final AFF U-22

Marinus Wanewar menggiring bola saat laga semifinal Piala AFF U-22 antara Vietnam vs Indonesia , Minggu (24/2/2019).

PHNOM PENH (BM) - Timnas U-22 Indonesia berhasil masuk final Piala AFF U-22 2019, setelah menggayang Vietnam dengan skor 1-0, di Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu (24/2/2019). Gol kemenangan Indonesia ini dicetak oleh Luthfi Kamal pada menit ke-70.

Dengan kemenangan ini, pasukan Indra Sjafri ini akan bertemu Thailand atau Kamboja.

Pada babak pertama laga ini, Marinus Wanewar yang dipercaya sebagai ujung tombak timnas U-22 Indonesia belum bisa membobol gawang Vietnam. Apalagi dengan adanya lima bek di barisan pertahanan Vietnam membuat serangan Indonesia belum berhasil memecah kebuntuan.

Pada menit ke-19, Vietnam hampir saja menjebol gawang Indonesia kalau saja tandukan dari Tran Duc Nam tidak melambung. Pada menit ke-23, Vietnam kembali membahayakan barisan belakang Indonesia lewat sundulan Tran Duc Nam yang masih bisa diamankan Awan Setho. Ditekan Vietnam, Indonesia berusaha melakukan serangan balik namun selalu gagal.

Indonesia memperoleh peluang emas pada menit ke-34, lewat tendangan bebas dari Bagas Adi, tetapi masih bisa diamankan kiper Phan Van Bieu.

Timnas U-22 Indonesia mulai menemukan irama permainan pada menit ke-35. Osvaldo Haay melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, sayang masih bisa digagalkan kiper Vietnam.

Pada menit ke-37, kapten Indonesia, Bagas Adi mendapatkan kartu kuning setelah melanggar keras Nguyen Huu Thang. Memasuki menit ke-40, kedua tim saling melakukan jual beli serangan, tetapi tidak ada gol yang tercipta sampai wasit meniupkan peluit akhir babak pertama.

Pada awal babak kedua, Indonesia mendapatkan peluang melalui sundulan Marinus yang memanfaatkan umpan dari Witan. Namun, sundulan itu masih bisa diantisipasi oleh kiper Vietnam. Menit ke-70, Luthfi Kamal berhasil membobol gawang Vietnam melalui eksekusi tendangan bebas yang gagal diantisipasi oleh kiper.

Setelah tertinggal, Vietnam mulai melakukan serangan sporadis namun belum bisa membobol gawang yang dijaga oleh Awan Setho. Sempat terjadi kemelut di depan gawang timnas Indonesia, namun Vietnam gagal memanfaatkan kesempatan tersebut sehingga kedudukan tetap 1-0.

Saat laga tersisa 10 menit, Vietnam terus menggempur pertahanan Indonesia. Namun usaha mereka tak membuahkan hasil sehingga Indonesia menang 1-0.

Susunan Pemain Timnas U-22 Indonesia (4-3-3): Awan Setho; Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho (C), Firza Andika; M Luthfi Kamal Baharsyah, Sani Rizki Fauzi, Gian Zola Nasrullah; Osvaldo Haay, Marinus Wanewar, Witan Sulaeman Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-22 Vietnam (5-4-1): Phan Van Bieu; Nguyen Van Dat, Nguyen Hoang Duy, Nguyen Hung Thien Duc, Dung Quang Nho, Nguyen Van Hanh; Tran Thanh Son (C), Nguyen Huu Thang, Phan Thanh Hau, Le Van Xuan; Tran Duc Nam Pelatih: Nguyen Quoc Tuan

Selepas pertandingan, pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri, mengatakan pertandingan berjalan dengan baik.

Indra Sjafri salut dengan kinerja keras Bagas Adi dkk. Terlebih waktu istirahat timnas U-22 Indonesia lebih pendek ketimbang Vietnam.

”Saya pikir pertandingan menarik, kami tahu Vietnam istirahat dua hari tapi tadi kami merespon mereka dengan cepat,” kata Indra Sjafri di Kamboja.

”Secara keseluruhan kami bermain kurang maksimal, tetapi Alhamdulillah satu gol sangat berharga,” ucap pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Lebih lanjut Indra Sjafri mengatakan target timnas U-22 Indonesia selalu tercapai di Piala AFF U-22 2019.

 

Pantas Menang

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, bangga dengan kelolosan ke final Piala AFF. Garuda Muda memang pantas menang.

Indonesia berhasil melaju ke final setelah mengalahkan Vietnam di babak empat besar di National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019).

Luthfi merupakan penyumbang gol tunggal Indonesia atas Vietnam ketika tendangan bebasnya di menit ke-70 tak mampu dihalau kiper Vietnam, Phan Van Bieu. Kini Indonesia tinggal menunggu pemenang antara Kamboja dan Thailand yang bertanding beberapa saat lagi.

"Gol ini untuk masyarakat Indonesia, spesial buat orang tua," kata Luthfi usai laga.

"Hari ini kami sudah bekerja keras dan pantas menang," sambung pemain berusia 18 tahun ini.

Lutfhi pun berharap dia bisa mengulangi performa seperti ini di laga final dan membawa Indonesia menjadi juara.

"Semoga di final nanti kami bisa menjadi juara," harap pemain asal DKI Jakarta ini.

 

#TimnasU22 Bergema

Keberhasilan timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF U-22 2019 ikut diiringi oleh bergemanya tagar #TimnasU22 di jajaran trending topic Twitter saat ini.

Keberhasilan Indonesia maju ke final Piala AFF U-22 ini tak lepas dari gegap-gempita barisan suporter Merah Putih yang setia menggelorakan #TimnasU22.

Seiring dengan keberhasilan tiket final didapatkan, tagar #TimnasU22 pun masuk ke jajaran trending topic Twitter wilayah Indonesia sebagaimana terpantau dari trends24.in. Bersamanya, ada pula tagar terkait seperti #AFFU22 dan #TimnasDay.

"LOLOS KE FINAL!!!!!" ujar seorang netizen.

"Final here we come, #AFFU22 #TimnasDay #TimnasU22," timpal netizen lain.

Netizen lain berharap agar hasil positif di semifinal akan bisa berlanjut di partai puncak nanti. "Garuda Muda Menuju FINAL. Luar biasa Guys, Selangkah Lagi.... Pertahankan Team Works #TimnasDay #TimnasIndonesia." (det/kom/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>