Greysia/Apriyani Raih Juara Prancis Terbuka

Kamis, 29 Oktober 2017  23:19

Greysia/Apriyani Raih Juara Prancis Terbuka

Setelah berhasil mengalahkan pemain korea dengan dua gim langsung, ganda putri Indonesia raih juara

Paris(BM)-Indonesia berhasil merebut gelar juara di nomor ganda putrid melalui pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu usai menundukkan wakil Korea Lee So Hee/Shin Seung Chan. Dalam laga final di Stade Pierre de Coubertin, Minggu (29/10) malam, Greysia/Apriyani menumpas Lee/Shin dua gim langsung 21-17, 21-15.

Sejak awal permainan, Greysia/Apriyani tampil lebih dominan. Pada gim pertama, setelah kedudukan seimbang 6-6 Greysia/Apriyani berhasil menjauhkan diri dari Lee/Shin hingga tidak terkejar. Gim kedua berjalan cukup rumit. Setelah sempat memimpin 7-3, Greysia/Apriyani sempat tersusul pasangan lawan dalam kedudukan 12-12.
Hingga Lee/Shin terus menguntit Greysia/Apriyani hingga skor menunjukkan 15-15. Namun, Greysia/Apriyani mampu memanfaatkan momentum dan merebut lima angka berikutnya untuk memastikan gelar juara.Kemenangan Greysia/Apriyani memutus puasa gelar Indonesia di nomor ganda putri. Terakhir kali ganda putri juara di Prancis adalah saat Cynthia Tuwankotta/Etty Tantri juara pada 1997.Indonesia masih bisa meraih satu gelar lagi di nomor ganda campuran. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan berhadapan dengan unggulan pertama asa China Zheng Siwei/Chen Qingchen

Ini membuktikan Greysia/Apriani mampu menujukkan kepercayaan diri dan pertahanan yang solid nan sulit ditembus. Selain itu, serangan-serangan pasangan Indonesia yang tiba-tiba dijatuhkan ke area pertahanan Chen/Jia, kerap kali membuat duet China ini mati langkah.

"Puji Tuhan hari ini kami bisa menerapkan strategi yang tepat, ditambah arahan pelatih agar kami jangan buru-buru menyerang dan tenang dengan memberikan chop dulu, baru smash. Ini yang membuat pikiran kami lebih clear, nah lawan memang tidak enak kalau diajak main seperti ini," kata Greysia.

Pasangan ini mengaku tidak menyangka bisa memperoleh kemenangan dengan nisbi cepat atas pemain nomor satu dunia itu. Akan tetapi, Greysia menilai kemenangan itu juga tidak lepas dari permainan tandemnya yang lebih muda."Hari ini memang harinya kami. Dan itu juga tak lepas dari Apri yang juga tampil baik, mentalnya bagus. Dia selalu mau belajar dari pelatih, dari saya, dan dari pertandingan-pertandingan kami sebelumnya. Dia selalu ambil positifnya saja," tutur Greysia.

Partai final di Prancis ini sendiri, merupakan final pertama mereka sebagai pasangan sejak Mei 2017 lalu dalam turnamen level Super Series. Di mana Greysia/Apriyani baru mengantongi gelar di level grand prix gold pada ajang Thailand Terbuka 2017.Langkah Greysia/Apriyani ini, menyusul langkah pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang sebelumnya telah melaju ke partai final.Adapun Tontowi/Liliyana melesat ke final Prancis Terbuka 2017, juga dengan mengalahkan wakil China, Zhang Nan/Li Yinhui, dengan skor 21-18, 21-8.(par/dra)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>