Hempaskan Thailand 2-1, Timnas U-22 Juara AFF U-22

Selasa, 26 Februari 2019  22:34

Hempaskan Thailand 2-1, Timnas U-22 Juara AFF U-22

Phnom Penh (BM) - Timnas Indonesia U-22 menjadi juara Piala AFF U-22 2019 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Thailand di pertandingan final yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019).

Meski sempat tertinggal lebih dulu, gol Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay menjadi penentu gelar juara menjadi milik Tim Garuda Muda.

Setelah sejumlah peluang emas didapatkan Tim Garuda Muda di babak pertama, seperti Osvaldo Haay pada menit keempat, Gian Zola pada menit ke-27, dan Witan Sulaeman pada menit ke-33, pertandingan babak pertama berakhir tanpa gol.

Pada babak kedua pertandingan, Thailand mulai berusaha bermain lebih lepas. Lini pertahanan Timnas Indonesia U-22 mulai tertekan. Awan Setho harus mulai menghalau serangan-serangan tim Gajah Perang.

Serangan Thailand berbuah manis pada menit ke-57. Kapten Thailand, Saringkan Promsupa, berhasil mencetak gol dengan tandukan setelah menerima umpan tendangan bebas dari rekan setimnya.

Namun, keunggulan tersebut tak bertahan lama. Timnas Indonesia U-22 berhasil membalas lewat gol yang dicetak Sani Rizki Fauzi pada menit ke-58. Mendapat umpan dari Gian Zola, tembakan dilepas Sani Rizki dan membentur tubuh bek Thailand, Marco Ballini. Bola berubah arah dan gagal dihalau kiper Thailand, Korraphat Nareechan.

Timnas Indonesia U-22 berhasil berbalik unggul pada menit ke-63. Seperti halnya gol yang dicetak Thailand, Tim Garuda Muda berhasil mencetak gol lewat tandukan Osvaldo Haay setelah menerima umpan tendangan bebas Luthfi Kamal Baharsyah.

Tertinggal satu gol membuat pemain Thailand termotivasi untuk bisa menyamakan kedudukan lagi. Pemain Thailand berusaha menekan lini pertahanan Tim Garuda Muda.

Dalam keadaan unggul, Timnas Indonesia U-22 kehilangan bek tengah sekaligus kapten tim, Bagas Adi Nugroho, yang diusir wasit karena menerima kartu merah. Bagas melakukan tekel keras dengan dua kaki yang membuat wasit tak memberinya ampun dan mengusirnya dari lapangan.

Gawang Awan Setho kemudian digempur Thailand. Namun, kukuhnya pertahanan, meski tanpa Bagas Adi membuat Thailand tak berhasil memaksimalkan peluang-peluang yang mereka miliki.

Wasit meniupkan peluit panjang dan Timnas Indonesia U-22 resmi menjadi juara Piala AFF U-22 2019 dengan kemenangan 2-1 atas Thailand.

 

Komentar Osvaldo

Osvaldo Haay berhasil menjadi pahlawan saat mencetak gol kedua untuk Timnas Indonesia pada partai final melawan Thailand. Osvaldo menyatakan gol yang dicetak merupakan buah dari kerja keras semua tim.

Timnas U-22 sempat tertinggal lebih dulu sebelum mampu membalikkan kedudukan. Saat skor imbang 1-1, Osvaldo berhasil menjadi penentu kemenangan Timnas U-22 untuk membuat skuat asuhan Indra Sjafir berbalik unggul.

Memanfaatkan umpan dari Luthfi Kamal, tandukkan Osvaldo sukses menggetarkan gawang Timnas U-22. Osvaldo bersyukur bisa menjadi penentu kemenangan dan meraih gelar juara Piala AFF U-22 untuk pertama kali.

"Saya sangat bangga bisa mencetak gol di parta final, tapi ini bukan karena saya tapi karena kerja keras teman-teman kita bisa meraih hasil yang bagus," kata Osvaldo.

"Puji Tuhan sekali, saya mengucap syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kami izin untuk bisa melaju ke final dan juara," ujar Osvaldo.

 

Apresiasi

Kepala delegasi Timnas U-22, Iwan Budianto, mengapresiasi perjuangan Skuat Garuda sekaligus menyisipkan harapan kepada Timnas senior.

Iwan memuji penampilan Timnas. Dia juga berterimakasih kepada pendukung Timnas, termasuk Presiden RI Joko Widodo dan Menpora Imam Nahrawi.

"Alhamdulillah kami patut bersyukur kepada Allah SWT karena doa seluruh masyarakat terkabul dan Timnas U-22 akhirnya menjadi juara. Exco dan semua pengurus PSSI mengapresiasi perjuangan pemain, pelatih, dan ofisial tim yang tidak kenal lelah sejak dari persiapan tim hingga menuju Kamboja," ujar Iwan.

"Sekali lagi terima kasih kepada semua warga Indonesia, termasuk Bapak Presiden Jokowi, Menpora Imam Nahrawi dan semua suporter Indonesia atas doa dan dukungannya selama ini kepada Timnas U-22. Mudah-mudahan prestasi ini menjadi pemantik bagi timnas di level senior untuk juga menjadi juara," kata mantan bos Arema FC itu.

Iwan juga berharap agar sukses Timnas U-22 yang meneruskan keberhasilan Timans U-16 dan U-19 bisa diikuti Timnas senior. Skuat Garuda itu ditangani mantan pelatih Bhayangkara FC, Simon mcMenemy.

"Mudah-mudahan prestasi ini menjadi pemantik bagi timnas di level senior untuk juga menjadi juara," ujar dia.

 

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Awan Setho Raharjo (kiper); Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika (belakang); Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Gian Zola, Sani Rizki Fauzi (tengah); Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

 

Timnas Thailand U-22 (3-5-2): Korraphat Nareechan (kiper); Chatchai Saengdao, Marco Ballini, Saringkan Promsupa (belakang); Sampan Kesi, Tanpisit Khukhalarno, Patcharapol Intanee, Sakunchai Saeongthopho, Kritsada Nontharat (tengah); Jedsadakorn Kowngam, Jargensak Wonggorn (depan)

Pelatih: Alexandre Gama. (bol/det/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>