India - Jepang Rebut Tunggal

Selasa, 18 Juni 2017  19:43

India - Jepang Rebut Tunggal

Pebulu tangkis putri Jepang, Sayaka Sato, menoreh sejarah baru dalam kejuaraan Indonesia Terbuka 2017 dengan meraih gelar juara.

Jakarta (BM) – Nomor bergengsi tunggal putra dan putri kejuaraan bulu tangkis Indonesia Terbuka 2017 direbut oleh India dan Jepang. 
Kidambi Srikanth memberi gelar perdana pada nomor tunggal putra India sepanjang kejuaraan bulu tangkis Indonesia Terbuka, setelah berhasil memenangkan pertandingan final menghadapi wakil Jepang Kazumasa Sakai. 

Sedang Sayaka Sato mencatatkan sejarah baru dalam kejuaraan Indonesia Terbuka sebagai juara tunggal putri asal Negeri Sakura setelah mengalahkan pemain Korea Selatan Sung Ji-Hyun. Final kejuaraan ini digelar  di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu.
 
Dalam pertandingan partai puncak, Srikanth yang saat ini menduduki peringkat 22 dunia, berhasil menang atas Sakai yang merangkak dari babak kualifikasi dalam dua gim langsung 21-11, 21-19.
 
Walau di gim awal pemain India itu lebih dominan, di gim kedua, wakil Jepang yang mampu mengendalikan permainan. Akan tetapi ketika keadaan tertinggal di angka 10-13, Srikanth bisa menyalip dan kembali meneruskan pertarungan ketat sebelum akhirnya memenangkan pertarungan tersebut.
 
Mengomentari pertandingan tersebut, Srikanth menyebut meskipun dirinya bisa menang, pertandingan tersebut membuatnya harus membuang banyak stamina.
 
"Reli di pertandingan tersebut sangat membuat stamina saya terkuras, namun saya senang dengan hasil akhirnya," kata Srikanth selepas pertandingan.
 
Sementara itu, atlet bulu tangkis Jepang Sayaka Sato mencatatkan kemenangan dalam tiga game atas Ji-Hyun 21-13, 17-21, 21-14 selama 78 menit permainan laga final turnamen tingkat super series premier itu. "Saya memang lelah. Tapi, lawan juga mengalami hal yang sama. Pelatih terus memberikan semangat kepada saya hingga saya menang," kata atlet asal Kanagawa, Jepang itu.
 
Atlet berusia 26 tahun itu langsung bersimpuh dan menangis di ujung lapangan setelah meraih poin terakhirnya atas Ji-Hyun. "Saya merasa sangat lega setelah menang karena untuk mengambil satu poin rasanya sulit sekali," kata Sayaka.
 
Meskipun masuk turnamen berhadiah total satu juta dolar AS itu sebagai pemain non-unggulan, Sayaka mengatakan kemenangannya dalam Indonesia Terbuka 2017 akan sangat berkesan dan menjadi bekal mental untuk mengikuti turnamen super series lain.
 
"Sejak dua tahun lalu, permainan saya tidak bagus. Saya ingin meraih kemenangan di sini dan itu terjadi. Saya juga ingin menang pada pertandingan lain," kata Sayaka.
 
Ganda
Di nomor ganda putri, pasangan China Chen Qingchen/Jia Yifan meraih podium juara Indonesia Terbuka 2017 dengan menaklukkan pasangan Korea Selatan Chang Ye Na/Lee So Hee.  Chen/Jia yang menempati unggulan lima menang atas unggulan tiga Chang/Lee dalam pertandingan final selama 71 menit 21-19, 15-21, 21-10.
 
Kemenangan Chen/Jia itu sekaligus menjadi pembalasan kekalahan wakil Negeri Panda itu atas Chang/Lee dalam kejuaraan Piala Sudirman 2017 di Australia, pada 28 Mei.  "Kami merasa telah berusaha bermain 100 persen. Ini adalah pertandingan yang luar biasa bagi para penonton," ujar Jia Yifan selepas pertandingan.
 
Jia mengatakan kemenangannya atas ganda putri Korea itu karena telah mengubah strategi. Sedangkan Chang/Lee terus tertekan.  "Saya tidak memikirkan hal apapun karena lelah. Saya hanya ingin fokus bermain," kata Chen yang tampak lebih serius dalam final turnamen tingkat super series premier itu dibanding pertandingan lain.
 
Hasil pertandingan final Indonesia Terbuka 2017 itu menambah catatan kemenangan Chen/Jia atas pasangan Chang/Lee, 7-2. 
 
Indonesia berpeluang meraih emas lewat padangan ganda campuran Owi/Butet.  Pasangan ini lolos setelah mengalahkan Chan Peng Soon/Yen Wei Peck 21-13, 21-14 di babak semifinal.  Di partai puncak, Owi/Butet akan menghadapi Zheng Siwei/Chen Qingchen. Unggulan pertama asal China itu lolos setelah menyingkirkan rekan senegaranya, Liu Yuchen/Tang Jinhua, 21-10, 21-23, 21-16. Sampai berita ini diturunkan, pertandingan final masih berlangsung.  (ima/ant/nii)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>