Juara Grup C, Persebaya Lolos Perempat Final

Senin, 28 Januari 2018  23:09

Juara Grup C, Persebaya Lolos Perempat Final

Feri Pahabol, pemain Persebaya (hijau no.11) dibayangi Beny Wahyudi, pemain Madura United (merah)

Surabaya(BM)- Persebaya akhirnya berhasil lolos ke babak perempat final Piala Presiden 2018. Tim Bajul Ijo mampu mengalahkan Madura United dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (28/1) sore. Gol tunggal Persebaya disumbangkan Ferinando Pahabol pada menit ke-30. Hasil ini, Persebaya memastikan diri sebagai juara grup C dengan mengoleksi 7 poin. Sedangkan Madura United, berada di posisi kedua dengan 6 poin. Madura United masih memiliki peluang lolos sebagai runner up terbaik. 

Tampil di hadapan puluhan ribu Bonek Mania, Persebaya memegang kendali permainan sejak awal pertandingan. Beberapa kali tim Bajul Ijo mencoba menekan pertahanan Madura United. Sedangkan Laskar Sape Kerrab yang hanya membutuhkan hasil imbang, lebih banyak menunggu dan sesekali melakukan counter attack.
Pada menit 13, kemelut sempat terjadi di penalty Persebaya. Bola silang yang diantisipasi kiper Bajul Ijo, Miswar Saputra, membuat si kulit bundar menjadi liar. Untungnya, dari beberapa kali percobaan, bola masih bisa disapu bersih.
Membalas serangan Madura United, giliran Persebaya mmeberikan serangan. Sayangnya, penampilan gemilang kiper Madura United, Satria Tama membuat ancaman Bajul Ijo bisa dinetralisir. Tercatat, tiga kali peluang dalam 3 menit, bisa digagalkan. Diantaranya sepakan Rendi Irwan di menit 25, sundulan Otavio Dutra dan sepakan Irfan Jaya di menit 26.
Puncaknya, tendangan spektakuler Ferinando Pahabol pada menit 30, mengubah kedudukan menjadi 1-0. Melalui aksi individunya di sektor kiri, dari sudut sempit, Pahabol melepaskan tendangan keras dari jarak sekitar 25 meter yang mengarah tepat di pojok kanan gawang Satria Tama. Golpun akhirnya didapat dan ribuan bonek yang hadir di dalam stadion bersorak.

Pada babak kedua, pelatih Madura United Gomes De Oliviera memasukkan penyerang Christian Gonzales dan Grek Nwokolo menggantikan Bayu Gatra dan Sacramento. Begitu juga Persebaya yang memasukkan Riky Kayame menggantikan Rishadi Fauzi dan gelandang impor baru mereka, Robertino Pugliara menggantikan Rendy Irwan.
Namun, serangan demi serangan kedua tim belum berhasil mengubah kedudukan hingga wasit meniupkan peluit 90 menit tanda pertandingan berakhir.

Memasuki 45 menit babak kedua, Madura United mencoba lebih menekan dengan memasukkan Greg Nwokolo dan Cristian Gonzales. Tertinggal 0-1, membuat anak asuhan Gomes de Olivera juga meningkatkan pressing sehingga tempo permainan sedikit meningkat dan asyik disaksikan.
Meski begitu, lini tengah Persebaya masih lebih dominan. Beberapa kali pertarungan di sektor ini, lebih banyak dimenangkan pemain Persebaya yang tampil lebih disiplin. Melihat kondisi ini, Gomes mengubah strategi dengan memasukkan Munhar dan N'Koyi pada menit 57.
Menit 60, Greg Nwokolo nyaris mengubah kedudukan. Menerima umpan dari Gonzales, striker naturalisasi ini sempat melakukan solo run. Untungnya, kiper Persebaya, Miswar lebih sigap mengamankan bola.
Tiga menit kemudian, giliran Gonsalez yang mengancam. Bermula dari tendangan bebas Nuriddin Davronov di sektor kanan, sundulan El Loco masih tipis di atas mistar. Alhasil, beberapa peluang Madura membuat skuad Laskar Sape Kerrab bangkit.Sementara di kubu Persebaya, untuk meningkatkan kualitas tekanan, menarik keluar Rishadi Fauzi digantikan Ricky Kayame dan Rendi Irwan dengan Robertino Pugliara.
Menit 70, percobaan tendangan Irfan Jaya dari luar kotak penalti sempat mengancam gawang Madura United. Sayangnya, arah bola masih tipis di atas pojok kanan gawang.
Menit 72, Alfredo Vera memasukkan Osvaldo Haay dan Oktavianus Fernando dengan menarik Irfan Jaya dan Ferinando Pahabol.(ola/dra)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>