NBA dan Pemprov Jatim Gelar Pelatihan Basket Guru Olahraga

Rabu, 21 November 2018  11:02

NBA dan Pemprov Jatim Gelar Pelatihan Basket Guru Olahraga

Kadispora Jatim, Supratomo saat membuka acara Jr.NBA dengan memasukkan bola ke keranjang. (BM/HARUN)

SURABAYA (BM) - Dalam rangka perluasan jangkauan, National Basketball Association (NBA) bekerjasama dengan Pemprov Jawa Timur menghadirkan program Akademi Pelatih Jr. NBA untuk melatih para guru olahraga yang telah resmi dimulai di GOR CLS Knight Kertajaya, Jln Kertajaya Indah Timur, Rabu (21/11) pagi.


Pelatihan ini bertujuan untuk semakin mengembangkan olahraga basket lokal. Dimana, Akademi Pelatih Jr. NBA adalah program pelatihan yang akan membekali guru olahraga dengan standar pelatihan NBA agar dapat mendorong dan memfasilitasi para muridnya, termasuk panduan pelatihan dengan kurikulum program di sekolah dan ekstrakurikuler.


Dalam serangkaian acara yang dibuka oleh Kadispora Jatim, Drs Supraptono  MSi, disaksikan oleh Kadindikbud Jatim, Dr Saiful Rachman MM MPd dan NBA Asia Vice President of Global Marketing Partnerships, Francesco Suarez tersebut diharapkan mampu menjangkau lebih dari 12.000 pelatih dan guru di akhir kegiatan pada 29 November mendatang.


Program yang akan diberikan yakni pelatihan lapangan, penguatan dan  pengkondisian tubuh, serta pendidikan basket kepada guru-guru olahraga, yang mana dapat juga diakses melalui sumber online di website Jr.NBA dan peralatan pelatihan dasar. Dan kegiatan ini pertama kali di Jawa Timur setelah di Jawa Barat dan  Jawa Tengah.


Menurut Kadispora Jatim, Supratomo bahwa  para pelatih dan guru di Surabaya dan sekitarnya akan menerima pelatihan bertaraf NBA dari para profesional. “Kami harapkan mampu berdampak positif jangka panjang bagi perih, guru dan generasi muda. Kami sepenuhnya mendukung acara ini di Jawa Timur,” katanya.


Sedianya kegiatan akan di hadiri orang nomor satu di Jawa Timur. Namun Gubernur Jatim, Pakde Karwo sedang ada kunjungan keluar negeri. Sedangkan Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono menghadiri rapat paripurna dengan DPRD Jatim.


“Dengan pelatihan ini kami harapkan dapat menekan angka pembiayaan kesehatan BPJS yang terus membengkak, sebab olahraga akan membuat warga Jawa Timur menjadi sehat,” kelakar Kadindikbud Jatim, Saiful Rachman yang disambut tepuk tangan hadirin.


Sementara itu, wakil NBA, Francesco Suarez mengatakan bahwa program ini akan menjadi sarana memperkenalkan basket kepada para guru di Indonesia. “Kami berkomitmen untuk membangun upaya mengembangkan generasi muda guna memberikan dampak positif kepada lebih banyak anak-anak laki-laki dan perempuan di Indonesia,” tuturnya.


Program ini juga sebagai upaya menumbuhkan dan memperbaiki pengalaman olahraga basket para pemuda, pemain, pelatih dan orang tua. Dan selama musim 2017-18 NBA telah menjangkau lebih dari 71 juta anak-anak dari 71 negara melalui berbagai kamp, klinik, tantangan keterampilan dan pertandingan liga. Adapun di Indonesia jangkauan luas  Jr.NBA ini didukung oleh mitra media Vidio.com, O Channel dan IndiHome. (har)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>