Dosen Ubaya Olah Kulit Pisang Jadi Es Krim

Kamis, 28 Juni 2018  22:17

Dosen Ubaya Olah Kulit Pisang Jadi Es Krim

Kaya Manfaat: Deasy Rosita Dewi (kanan) menunjukkan es krim hasil olahan dari kulit pisang.

SURABAYA (BM) - Kulit pisang seringkali dibuang. Padahal, kulit pisang dapat diolah kembali menjadi makanan yang bermanfaat karena kaya serat. Ini dapat membantu membersihkan saluran pencernaan, melarutkan kolesterol dan memperkuat bakteri baik di dalam tubuh.

Melihat berbagai manfaat yang terkandung di dalam kulit pisang, Dosen Program Kekhususan Bionutrisi dan Inovasi Pangan, Jurusan Biologi Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya), Deasy Rosita Dewi memanfaatkan kulit pisang menjadi bahan dasar pembuatan es krim.

Namun tidak semua kulit pisang yang bisa diolah. Hanya yang beraroma harum seperti pisang raja. Deasy mengatakan, cara pembuatan es krim kulit pisang sangat mudah. Pertama-tama pisahkan kulit pisang dari buahnya dan potong-potong seukuran dadu.

Selanjutnya, kata dia, kulit pisang yang sudah dipotong direndam ke dalam air yang sudah dicampuri dengan asam askorbat selama 5 menit. "Asam askorbat ini berguna untuk mengurangi pencokelatan atau browning pada kulit pisang," kata Deasy, Kamis (28/6).

Setelah direndam, kulit pisang tadi dikukus selama 5 menit kemudian tiriskan dan keringkan kulit pisang. "Proses pengeringan bisa menggunakan cabinet dryer atau oven dengan suhu 50 derajat celcius selama 24 jam," ujar perempuan berjilba ini.

Proses pengeringan juga bisa dengan cara alami, yakni dikeringkan di bawah sinar matahari. Namun perlu memperhatikan aspek kebersihan dan kestabilan suhunya. "Setelah kering, kulit pisang diblender sampai halus kemudian diayak," terangnya.

Tepung kulit pisang yang sudah dicampur dengan adonan es krim kemudian diaduk sambil dipanaskan dengan sugu 60-80 derajat celcius. Setelah dicampur, kata Deasy, adonan es krim dibuat di atas roll pan. "Es krim kulit pisang bisa dilengkapi dengan topping kombucha pearl yang merupakan fermentasi menggunakan scoby dan melalui proses inkubasi selana 8-12 hari," tandasnya. (sdp)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>