Poltag Kirim Aurora 1 di KMLI

Selasa, 21 November 2017  00:30

Poltag Kirim Aurora 1 di KMLI
SURABAYA (BM) - Untuk pertama kalinya, Politeknik 17 Agustus 1945 (Poltag) Surabaya akan mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) yang diselenggarakan di Politeknik Bandung (Polban) pada 23-24 November. Dalam kepesertaan kali ini, Tim Poltag mengirim mobil listrik yang diberi nama Aurora 1. 
 
Direktur Poltag Surabaya, Gatut Budiono mengatakan, sebanyak 24 perguruan tinggi se Indonesia yang mengikuti KMLI 2017. Poltag pertama kalinya menjadi peserta. Aurora 1 sengaja diciptakan untuk mengikuti kompetisi tersebut. “Kita membuat dari nol (0). Mulai dari desain, rangka, suspensi, hingga kapasitas motor listrik,” katanya, Senin (20/11).
 
Dia menjelaskan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Aurora 1 adalah delapan bulan. Enam bulan dipakai meriset dan dua bulan sisanya aplikasi perakitan. Total biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 70 juta. “Paling mahal beli motor listriknya karena belum ada di sini,” jelasnya.
 
Gatut mengklaim Aurora 1 bukan mobil prototipe, melainkan bisa bergerak dan siap untuk dikomersilkan. “Kami sengaja memproduksi mobil listrik yang bisa diterima masyarakat,” terangnya. Apalagi, lanjut dia, saat ini eranya mengganti bahan bakar fosil dengan mobil listrik.
 
Dosen Pembimbing Tim Aurora 1, Yusuf Eko Nurcahyo menjelaskan, Aurora 1 memiliki kelebihan karena menggunakan dua motor listrik sebagai penggerak. Satu motor listrik menggerakkan satu roda belakang. Dengan begitu, penggunaan listrik bisa efisien. 
 
Dalam KMLI, lanjut dia, ada beberapa penilaian. Pertama adalah menghitung kecepatan dan efisiensi aki dalam 10 kali putaran. “Tiap putaran menempuh satu kilometer (km),” ujarnya. Penilaian kedua percepatan, ketiga pengereman, keempat slalom atau berjalan zig-zag, terakhir adalah menaiki tanjakan dengan kemiringan 15 derajat.
 
Untuk menghadapi penilaian itu, Aurora 1 telah menjalani rangkaian uji coba. Bahkan, kecepatan mobil listrik ini sudah menempuh 70 km/jam dan bisa lebih. “Sudah kami coba semua dan catatan kami hasilnya lolos semua,” ujar pria yang juga Wakil Direktur Poltag ini. (sdp/udi)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>