Dekat Allah, Baik dengan Sesama

Selasa, 20 Juni 2017  19:40

Dekat Allah, Baik dengan Sesama

Drh Hammy Wahjunianto

oleh: Drh Hammy Wahjunianto
Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim
Ketua DPW PKS Jatim
 
Assalamu'alaikum wr wb. Alhamdulillahirabbil alamin washolatu wassalamu'ala asrafil anbiyai wal mursalin.
Di dalam Islam ada sebuah keniscayan ketika ayat-ayat  al quran berbicara tentang habluminallah itu selalu diikuti dengan habluminanas. Artinya adalah bahwa siapapun dari kita yang kuat atau mesra habuminallahnya maka seharusnya mereka harus sangat baik habuminnas nya. 
 
Seperti diketahui dalam Surat Al Hajj Ayat 77: "yaa ayyuhaa alladziina aamanuu irka'uu wausjuduu wau'buduu rabbakum waif'aluu alkhayra la'allakum tufluhuuna". Yang artinya, “wahai orang-orang  beriman, rukuk, sujud dan beribadahlah kepada Allah dan alirkan kebaikan kepada sesamamu, mudah-mudahan itu nanti membuat kalian beruntung di yaumul kiyamah”. 
 
Nah di situ jelas sekali bahwa ketika Allah memulai perintahnya pada kekasihnya, pada orang-orang yang beriman untuk rukuk, sujud dan beribadah, menguatkan kedekatan kepada Allah maka diharapkan manusia juga berbuat baik kepada sesamanya. Sehingga di sini jelas bahwa tidak ada lagi radikalism atau terorism Islam, karena konsep islam seperti itu.
 
Nah terkait habluminannas Islam punya konsep zakat, infak dan shodaqoh. Ini juga konsep yang memicu kaum mukmin agar semakin kuat habluminannas setelah mereka menguatkan habluminallah. 
 
Sementara itu, di dalam surat At Taubah ayat ke 60 atau 63 sudah jelas sekali difirmankan Allah, "Ambillah dari sebagian harta untuk sodaqoh dan zakat. Apa fungsi nya orang yang mengeluarkan zakat? Yaitu untuk membersihkan harta mereka dari yang bukan haknya. Jika dilakuakn dengan cara yang benar, justru akan menambahi hartanya, tidak akan mengurangi".
 
Selain itu juga akan membersihkan dirinya dari penyakit-penyakit hati khas manusia seperti iri dengki dan sebagainya , karena dia sudah terbiasa membantu sesamanya dengan niat yang iklas, dan cara yang benar. 
 
Pengalaman zakat, infaq dan sodaqoh ini membuat kita secara sistemik bisa menguatkan untuk menjaga habluminannas kita, konsep islam jika kita semakin sering habluminnallah maka akan menjadi orang yang welas asih. Zakat, infaq dan sodaqoh dibuat sistem oleh Islam, sehingga kita selalu terjaga untuk berbuat kebaikan kepada sesama. 
 
Nah di bulan Ramadan ini merupakan momentum yang sangat baik untuk mengeluarkan zakat, infak, sodaqoh karena balasannya sangat besar. 
 
Semoga kita bisa berlomba-lomba membuat amal yang baik dengan mengeluarkan zakat, infak dan sodaqoh dengan ikhlas serta cara yang benar. Kita juga menguatkan habluminnallah dengan itikaf, ibadah pada Allah selain taraweh dan tahajud, juga membaca al quran al karim sebanyak-banyaknya di 10 hari terakhir ini. Yang dengan itu semoga Allah mengaugerahi kita dengan  lailatur qodar, Aamiin ya robbal alamin. Wassalamu alaikum wr wb. (era)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>