Surga Rindukan Pembaca Al-Qur'an

Senin, 12 Juni 2017  19:09

Surga Rindukan Pembaca Al-Qur'an

Ust Drs H Nur Syahid

Oleh: Ust Drs H Nur Syahid
 
Bulan suci Ramadan adalah bulannya umat, di mana Allah SWT sendirilah yang akan mengganjar setiap amal ibadah kita tanpa perantara malaikat-Nya. Sehingga setiap jengkal ibadah kita bakal dilipat-gandakan pahalanya.

Terdapat begitu banyak aktivitas yang bernilai ibadah di bulan Puasa, bahkan tidur siangnya orang yang sedang berpuasa karena iman, diganjar pahala ibadah. Tetapi ada amalan familier ketika memasuki Ramadan, diantaranya tadarus, atau membaca Al-Qur’an usai sholat tarawih.
 
Saya mengajak diri sendiri dan semua umat Islam yang menjalankan ibadah puasa di bulan penuh berkah ini untuk lebih giat lagi membaca Al-Qur’an di setiap kesempatan, tidak harus menunggu saat tadarus.
 
Rasulullah SAW bersabda, bahwasannya sorga itu rindu kepada orang yang gemar membaca Al-Qur’an, karena membaca Al-Qur’an itu amalan yang berdiri sendiri, dan dapat memberi syafaat (pertolongan) kepada yang membacanya (di akhirat).
 
Dan bagi orang yang senang membaca Al-Qur’an dapat meningkatkan level bacaannya dengan menjadi penghafal Al-Qur’an hingga memahami arti dan makna yang terkandung dalam kalam Allah. Terdapat keseruan tersendiri saat belajar menghafal Al-Qur’an oleh cerita yang dikandungnya.
 
Sehubungan dengan itu, seorang Hafidz-Sebutan penghafal Al-Qur’an, yang masih pemula dapat memulainya dengan menghafal surat-surat pendek Juz 30, dengan pendampingan seorang mursyid, atau guru. Namun dibutuhkan niat, tekat dan tekun agar bisa.
 
Sedangkan bagi Hafidz yang sudah mahir, maka sedikitnya 5-6 Juz diucapkan dalam setiap kesempatan senggang, apakah saat perjalanan atau santai. Nantinya, Nderes (mengucap ulang) bacaan Al-Qur’an, dapat lanjutan ayat, atau mulai dari tengah surat yang belum hafal.
 
Istilah Jawanya, atau pesantrennya, Ngelalar (mengucap-ulang Al-Qur’an di awing-awang sambil mengingat-ingat cara baca, harokat dan tajwidnya). Sehingga jangan sampai salah. Pada akhirnya, saya mengajak kaum muslimin untuk gemar membaca Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. (har/tit)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>