46 Desa di Sampang Terancam Kekeringan

Kamis, 20 Juli 2017  21:03

46 Desa di Sampang Terancam Kekeringan
SAMPANG (BM) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sampang saat mengantisipasi kemungkinan terjadinya kekeringan di sejumlah desa di wilayahnya.

Pengasan itu dikemukakan Kepala BPBD Kabupaten Wisnu Hartono. Dikatakan pula, selama musim kemarau setidaknya terdapat 46 dari total 180 desa di wilayahnya yang tergolong rawan kekeringan dan kekurangan air bersih.

Menurutnya, data itu merupakan hasil pendataan yang dilakukan petugas teknis lapangan BPBD. "Jumlah desa yang rawan kekeringan ini, tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Sampang," ujarnya, Kamis (20/7).

Pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, kata dia, hanya ada dua kecamatan yang masyarakat tidak pernah mengeluhkan mengalami kelangkaan air bersih saat kemarau, yakni Kecamatan Omben dan Kecamatan Camplong. Selebihnya, mengeluh kesulitan mendapatkan air bersih akibat kekeringan.

Sesuai prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya, puncak musim kemarau akan dimulai dari Agustus sampai September 2017. "Juli ini sebenarnya sudah masuk kemarau, akan tetapi, potensi hujan masih diperkirakan tetap terjadi, dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Wisnu.

Sementara itu, guna mengantisipasi bencana kekeringan dan kelangkaan air bersih, Kepala BPBD menyatakan telah meminta masing-masing camat untuk melakukan deteksi dini, dengan melakukan pendataan secara faktual mengenai jumlah desa, dan dusun yang rawan berpotensi rawan kekeringan dan mengalami kelangkaan air bersih saat kemarau.

"Kami juga telah mengirim surat ke masing-masing camat di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang ini," ucap Wisno.

Ia lebih lanjut menjelaskan, Pemkab Sampang juga akan menyiapkan anggaran untuk menyediakan kebutuhan air bersih bagi desa-desa yang nantinya mengalami kekeringan melalui dana tanggap darurat. (nt/ptm/udi)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>